FASE-FASE PERKEMBANGAN ANAK.

Thursday, February 17, 2011 Posted by Rino Safrizal
a. Perkembangan Biologis atau Fisik.
1. Aristoteles menggambarkan perkembangan individu sejak anak sampai sewasa itu ada tiga tahapan. Tahapan I dari 0,0-7,0 tahun (masa anak kecil atau masa bermain). Tahapan II dari 7,0-14,0 tahun (masa anak, masa seolah rendah). Tahapan III dari 14,0-21,0 tahun (masa remaja/pubertas, masa peralihan dari usia anak menjadi orang dewasa). Penahapan ini berdasarkan pada gejala perkembangan fisik antara tahapan I dan tahapan II dibatasi dengan pergantian gigi, antara tahapan III ditandai dengan mulai berfungsinya organ-organ seksual.
2. Elizabeth Hurlock mengemukakan ahapan perkembangan individu yakni Tahapan I Fase pranatal dari massa konsepsi sampai proses kelahiran yakni sekitar 9-280 hari. Tahapan II Infancy mulai lahr sampai usia 10-14 hari. Tahapan dari 2 minggu - 2 tahu. Tahapan IV Childhood mulai 2 tahun sampai remaja. Tahapan V Adolesence/puberty mulai usia 11 atau 13 tahun – 21 tahun
b. Perkembangan Psikologis
Para ahli berpendapat bahwa dalam perkembangan setiap individu mengalami masa-masa kegoncangan yang dapat dilukiskan sebagai proses evolusi maka pada masa kegoncangan itu evolusi berubah menjadi revolusi yang dialami hampir semua orang, karena itu dapat digunakan sebagai ancar-ancar perpindahan dari massa yang satu ke masa yang lain dalam proses perkembangan. Individu mengalami massa kegoncangan dua kali, yaitu
Pada tahun ke tiga dan ke empat
Pada perulaan massa pubertas
c. Perkembangan Didaktis
Menurut pendapat dari Comenius dan pendapat Reseau digolongkan dalam penahapan. Pendapat Comenius, dipandang dari segi pendidikan berlangsung dalam 4 jenjang yaitu :
Sekolah ibu (matema) untuk anak 0,0 – 6,0 tahun
Sekolah masa ibu (scola vernaculan) untuk anak-anak 6,0 – 12,0 tahun
Sekolah latin (scola Latina) untuk remaja 12,0 – 18,0 tahun
Akademi (akademica) untuk pemuda-pemudiusia 18,0 – 24,0 tahun

Post a Comment

FOLLOWER