JENIS-JENIS BELAJAR

Saturday, July 16, 2011 Posted by Rino Safrizal
Belajar itu dimulai dari bentuk belajar yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Jadi, untuk menguasai suatu jenis belajar yang lebih tinggi terlebih dahulu harus menguasai kemampuan pada tingkat belajar yang lebih rendah ataupun di bawanya. Dan jenis-jenis belajar itu adalah :

1. Belajar Secara Sinyal (Signal Learning)
Jenis belajar ini sering disebut “persyaratan klasik” di mana hewan ataupun individu memperoleh respon bersyarat terhadap sinyal yang diberikan dan respon-responnya itu bersifat campur aduk dengan emosional dan belajarnya juga dilakukan dengan tidak sengaja. Contoh : menarik tangannya ketika tersentuh bendaq panas.

2. Belajar Secara Stimulus – Respon (Stimulus-Respons Learning)
belajar ini juga sering disebut “persyaratan operant” atau yang merupakan gerakan-gerakan fisik yang tepat. Di mana respon-responnya itu harus disertai dengan suatu pengujian atau pemberian hadiah.

3. Perangkaian (Chaining)
Jenis belajar ini juga disebut “belajar keterampilan” di mana syarat utamanya itu ialah mengembalikan unit-unit stimulus-respon kepada urutan yang tepat, dan rangkaianannya itu bersifat non-verbal.

4. Asosiasi Lisan (Verbal Association)
belajar ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis belajar merangkaian, hanya saja rangkaian-rangkaiannya berupa unirt-unit verbal. Di mana asosiasi lisan ini menampakkan respon-respon menerjemahkan. Dalam respon ini misalnya: kegiatan memberikan nama suatu objek yang menghendaki dari dua hubungan; tanggapan dengan menamati.
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER