Pelaksanaan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia

Saturday, December 18, 2010 Posted by Rino Safrizal
rhynoSbloG.coM - Masalah yang cukup mendasar yang dialami di negara sedang berkembang termasuk Indonesia adalah masalah proses transformasi industri melalui pengalihan, penerapan, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses transformasi industry di dalam negara-negara yang teknologinya terbelakang dapat dipandang sebagai proses pembangunan bangsa guna mencapai tujuan yang dicita-citakan.
Ada beberapa prinsip yang perlu dilaksanakan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan bangsa. Prinsip-prinsip ini merupakan suatu pola dasar yang perlu kita pegang agar penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi itu benar-benar bermanfaat dan berfungsi optimal bagi pembangunan bangsa. Prinsip-prinsip dasar yang dimaksud adalah sebagai berikut:


  1. Perlunya diselenggarakan pendidikan dan latihan di dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan untuk keperluan pembangunan bangsa
  2. Perlu dikembangkan suatu konsep yang jelas, realistis serta yang dilaksanakan secara konsisten tentang masyarakat yang ingin dibangun di masa depan serta teknologi-teknologi yang diperlukan untuk mewujudkannya.
Proses transformasi suatu masyarakat menjadi suatu bangsa yang maju teknologi dan industrinya dapat dipikirkan terdiri dari empat tahap yang bertumpang tindih. Keempat tahap yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  1. Tahap pertama dan yang mendasar adalah tahap penggunaan teknologi-teknologi yang telah ada di dunia ini untuk proses-proses nilai tambah dalam rangka produksi barang-barang yang telah ada di pasaran
  2. Tahap kedua adalah tahap integrasi teknologi-teknologi yang telah ada ke dalam desain dan produksi barang-barang yang baru sama sekali, artinya yang belum ada di pasaran
  3. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan teknologi itu sendiri. Di dalam teknologi ini, teknologi-teknologi yang telah ada dikembangkan lebih lanjut. Teknologi-teknologi barupun dikembangkan
  4. Tahap keempat adalah tahap pelaksanaan penelitian dasar secara besar-besaran.
Teknologi hanya dapat dialihkan, diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut jika mereka benar-benar diterapkan pada pemecahan problem-problem yang konkret. Untuk mendayagunakan Iptek diperlukan nilai-nilai luhur agar dapat dipertanggungjawabkan. Rumusan 4 (empat) nilai luhur pembangunan Iptek Nasional, yaitu :
  1. penerapan Iptek harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara moral, lingkungan, finansial, bahkan dampak politis
  2. pembangunan Iptek memberikan solusi strategis dan jangka panjang, tetapi taktis dimasa kini, tidak bersifat sektoral dan tidak hanya memberi implikasi terbatas.
  3. berorientasi pada segala sesuatu yang baru, dan memberikan apresiasi tinggi terhadap upaya untuk memproduksi inovasi baru dalam upaya inovatif untuk meningkatkan produktifitas.
  4. keseluruhan tahapan pembangunan Iptek mulai dari fase inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, implikasi pada bangsa harus baik, yang terbaik atau berusaha menuju yang terbaik.
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER