Aspek-aspek Perkembangan Anak

Wednesday, January 9, 2013 Posted by Rino Safrizal
Berbagi Referensi - Berbagai aspek perkembangan anak akan dijelaskan secara ringkas di sini, meliputi perkembangan fisik, intelijensi, emosi, bahasa, social, kepribadian, moral dan kesadaran beragama.

a. Perkembangan Fisik
Menurut Kuhlen dan Thompson bahwa perkembangan fisik individu meliputi 4 aspek yaitu :
  1. Sistem syaraf
  2. Otot-otot
  3. Kelenjar endokrin
  4. Struktur fisik tubuh.
Aspek-aspek fisiologis lainnya yang sangat penting bagi kehidupan adalah otak sebagai pusat sentral perkembangan dan fungsi manusia.

b. Perkembangan Intelijensi
Menurut C.P. Caplin intelijensi yaitu sebagai kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara cepat dan efektif.
  1. Teori-teorii ntelijensi yaitu
  2. Teori “two factors”
  3. Teori “primary mental abilities”
  4. Teori “multiple intelligence”
  5. Teori “triachic of intelligence”
c. Perkembangan Emosi
Menurut English And English Emosi Adalah “A Complex Feeling State Accompanied By characteristic motor and glandular activies” (suatu perasaan yang komplek yang disertai karakteristik kegiatan kelenjar dan motoris). Emosi dapat dikelompokkan dalam dua bagian yaitu emosi sensoris dan emosi kejiwaan (psikis) emosi ini termasuk perasaan intelektual, perasaan social, perasaan susila perasaan keindahan, dan perasaan ketuhanan.

d. Perkembangan Bahasa
Merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain mencakup cara berkomunikasi dimana pikiran dan perasaan dinyatakan dalam bentuk lambang/symbol untuk mengungkapkan sesuatu. Tugas-tugas perkembangan bahasa yaitu :
  1. Pemahaman
  2. Pengembangan perbendaharaan kata
  3. Penyusunan kata-kata menjadi kalimat
  4. Ucapan
Sedangkan tipe perkembangan bahasa ada dua yaitu :
  1. Egocentric speech
  2. Socialized speech
e. Perkembangan Social
Merupakan pencapaian kematangan dalam hubunagn social dan sebagai proses belajar untuk menyesuaiakn diri terhadap norma-norma kelompok moral dan tradisi yang menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan bekerja sama. Pada usia anak bentuk dan tingkah laku social adalah pembangkangan, agresi, berselisih/bertengkar, menggoda, persaingan, kerjasama, tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri, dan simpati
-->
f. Perkembangan Kepribadian
Secara etimologis kepribadian dari bahasa inggris “personality” yang biasanya dipakai oleh pemain sandiawara zaman kuno untuk memerankan suatu bentuk tingkah laku pribadi tertentu. Sedangkan secara terminologis menurut May kepribadian sebagai “a social stimus value” cara orang lain merekasi kepribadian individu dengan kata lain orang lainlah yang menentukan kepribadian individu itu. Sedangkan menurut Abin Samsudin Makmum kepribadian adalah sebagai kualitas prilaku individu yang tampak dalam melakukan penyesuaian dirinya terhadap lingkunagn secara unik. Kepribadian dipengaruhi oleh berbagai factor baik hereditas maupun lingkunagn seperti fisik, social, kebudayaan dan spiritual. Ada beebrapa karakteristik kepribadian tidak sehat yaitu mudah marah, hiperaktif, mempunyai kebiasaan berbohong, kurang bergairah dalam menghadapi kehidupan, sulit tidur dan bersikap pesimis dalam menghadapai kehidupan.

g. Perkembangan Moral
Istilah moral dalam bahasa latin ”mos” (moris) yang bearti istiadat, kebiasaan, peraturan nilai-nilai / tata cara kehidupan. Nilai-nilai moral seperti seruan untuk berbuat baik kepada orang lain, memelihara ketertiban dan keamanan dan memelihara hak orang lain. Adapun beberapa cara dalam proses perkembangan moral yaitu :
  1. Pendidikan langsung
  2. Identifikasi
  3. Proses coba-coba
h. Perkembangan Kesadaran Beragama
Dipengaruhi oleh factor-faktor pembawaan. Lingkungan yang menjadi masalah dalam kesadaran beragama adalah problema keimanan yaitu masalah proses perkembangan keimanan dan konflik keyakinan dengan situasi kehidupan social budaya yang dihadapai (seperti ekonomi, politik dan hubunagn social).
  1. Bantu buat Kartu Kredit dan Kta BANK ANZ 5-500 jt di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara dana instant tanpa jaminan 100% berkas aman cukup fc ktp.slip gaji/skp kartu kredit limit min 5 jt usia 1 th npwp dan cover tabungan . khusus karyawan gaji min 5 jt perbulan. proses maks 10 hari kerja.bunga 1.5%-1.89%. tenor sampai 5 tahun bila berminat hub chairul sarto utomo via sms telp 0852293...48635. 085712639751 whatshapp 08883932980 fb chairul ichsan buana
    alamat kantor Jl. Pandanaran No. 47
    Semarang 50243 GEDUNG BANK ANZ LANTAI DUA
    DANA TUNAI dan kartu kredit bank anz PENUHI SEGALA KEBUTUHAN ANDA , KARYAWAN ATAU OWNER BUAT NAMBAH MODAL USAHA,PERNIKAHAN,PENDIDIKAN,RENOVASI RUMAH DLL PROSES MUDAH,CEPAT MAKSIMAL 10 HARI KERJA DANA LANGSUNG DI TRANSFER KE REKENING ANDA DIMANAPUN ANDA BERADA DI SELURUH PELOSOK NUSANTARA
    ALAMAT KANTOR DI GEDUNG BANK ANZ SEMARANG untuk divisi pemasaran kami bertempat tinggal di JL lamper sari 14 no 10 semarang

    MARKETING CHAIRUL SARTO UTOMO
    info detail bisa lihat di danaimpiankita@blogspot.com

Post a Comment

FOLLOWER