TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN

Monday, March 14, 2011 Posted by Rino Safrizal
Robert havaghust (Adam dan Gullot 1983) berpendapat bahwa dalam kehidupan individu untuk menuntaskan tugas – tugas perkembangan yang khusus yang berkaitan erat dengan perubahan kematangan, persekolahan, pekerjaan, pengalaman beragama dan hal lainnya untuk pemenuhan dan kebahagiaan hidupnya. Tugas-tugas perkembangan berkaitan erat dengan sikap, prilaku dan keterampilan yang dimiliki oleh individu sesuai dengan usia / fase perkembangan.

a. Tugas-Tugas Perkembangan pada Setiap Fase Perkembangan
1. Tugas-tugas perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak (0,0 – 6,0 tahun) yaitu belajar berjalan, belajar memakan makanan padat, belajar berbicara, belajar buang air kecil dan air besar, belajar mengenal perbedaan jenis kelamin, mencapai kestabilan jasmaniah, fisiologis, dan belajar mengadakan hubungan baik dan buruk yang bearti mengembangkan kata hati.
2. Tugas-tugas perkembangan pada masa sekolah (6,0 – 12,0 tahun) yaitu belajar memperoleh fisik untuk melakukan permainan, belajar bergaul dengan teman-teman sebaya, belajar mempermainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya, belajar keterampilan dasar dan membaca, menulis dan berhitung, belajar mengembangkan konsep sehari-hari, belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi, mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok social dan lembaga-lembaga.
3. Tugas-tugas perkembangan remaja yaitu menerima fisiknya sendiri berikut beragam kualitasnya, mencapai kemandirian emosioal dari orang tua/figure-figur yang mempunyai otoritas, mengembangkan keterampilan komunikasi, interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya, menemukan manusia model yang menjadikan identitasnya, menerima dirinya sendiri dan mempunyai kepercayaan terhadap kemampuan sendiri, memperkuat self-kontrol, mampu meninggalkan reaksi dan penyesuaian diri.

b. Peranan Sekolah Dalam Mengembangkan Tugas-Tugas Perkembangan Siswa
Menurut Haurg Hurs sekolah mempunyai peranan penting dan bertanggung jawab dalam membantu para siswa mencapai tugas perkembangannya, sekolah berupanya untuk menciptakan iklim yang kondusif untuk mencapai perkembangan siswanya yang tugas-tugasnya menyangkut aspek-aspek kematangan dalam berinteraksi social, kematangan personal, dan kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

FOLLOWER