BERFIKIR BESAR

Saturday, March 20, 2010 Posted by Rino Safrizal
Ada beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk berfikir besar. Pertama semua bentuk kreativitas serta hasilnya berasal dari berfikir besar. Kemajuan teknologi, penaklukan ruang angkasa, perdamaian dunia juga hasil dari berfikir besar. Berfikir besar selalu bersinonim dengan kata “sukses”.

Lalu, bagaimana caranya? Seorang pemikir besar David J Scwhartz dalam bukunya Berfikir dan Berjiwa Besar menuliskan beberapa cara sebagai berikut:
  1. Jangan mengidap kompleks inferioritas. Taklukkan kebiasaan mencela diri. Berkonsentrasilah pada aset atau kelebihan kita. Kita lebih baik dari yang pernah kita duga.
  2. Gunakan kosakata pemikir besar. Gunakan kata-kata yang besar, cerah, ceria. Gunakan kata-kata yang menjanjikan kemenangan, harapan, kebahagiaan, kesenangan; hindari kata-kata yang menimbulkan gambaran yang tidak menyenangkan berupa kegagalan, kekalahan, kesedihan.
  3. Bentangkan visi kita. Lihat apa kemungkinannya, bukan hanya apa yang ada. Praktekkan menambahkan nilai pada benda, pada orang, dan pada diri sendiri.
  4. Dapatkan pandangan yang besar mengenai pekerjaan kita. Berfikirlah, benar-benar berfikir bahwa pekerjaan kita yang sekarang benar-benar penting.
  5. Jangan berfikir tentang hal-hal yang sepele. Fokuskan perhatian pada sasaran yang besar. Sebelum terlibat di dalam persoalan kecil, bertanyalah kepada diri sendiri “Apakah ini benar-benar penting?”
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER