ILMU SEBAGAI PENGETAHUAN SISTEMATIS

Monday, March 15, 2010 Posted by Rino Safrizal
Ilmu memilki dua pengertian, yang pertama ialah proses yang merupakan penelitian ilmiah dan pengertian yang kedua ialah prosedur yang mewujudkan metode ilmiah. Dari proses dan prosedur itu pada akhirnya keluar produk berupa pengetahuan ilmiah (scintific knowledge). Ini merupakan pengertian ilmu yang ketiga.
Di kalangan ilmuwan maupun para filsuf pada umumnya terdapat kesepakatan bahwa ilmu adalah sesuatu kumpulan pengetahuan sistematis.
Pengertian ilmu sebagai sekumpulan pengetahuan.
Kamus terkenal Dictionary of Philosophy and Psichology yang berasal ari awal abad ini mencantumkan arti science yang pertama sebagai “Knowledge in particular, knowledge in the eminent sense as the outcome of the systematic and trustworthy funtioning of the cognitive processes”. (Pengetahuan; khususnya pengetahuan dalam arti luhur sebagai hasil dari pelaksanaan proses-proses kognitif yang terpecaya dan sistematis.)
Ensiklopedi jilid tunggal yang terkenal The New Columbia Ensiclopedia menjelaskannya pula demikian; “For many the term science refers to the organized body of knowledge concerning the physycal world, both animate and inanimate, but a proper definition would also have to include the attitudes and methods through which body of knowledge is formed..”
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER