LKS WORD SQUARE

Saturday, April 24, 2010 Posted by Rino Safrizal
Menurut Laurence Urdang (1968) Word Square is a set of words such that when arranged one beneath another in the form of a square the read a like horizontally, artinya word square adalah sejumlah kata yang disusun satu di bawah yang lain dalam bentuk bujur sangkar dan dibaca secara mendatar dan menurun. Word Square menurut Hornby (1994) adalah sejumlah kata yang disusun sehingga kata-kata tersebut dapat dibaca ke depan dan ke belakang. LKS Word Square adalah salah satu alat bantu/media pembelajaran berupa kotak-kotak kata yang berisi kumpulan huruf. Pada kumpulan huruf tersebut terkandung konsep-konsep yang harus ditemukan oleh siswa sesuai dengan pertanyaan yang berorientasi pada tujuan pembelajaran (Anonim, 1991). Pembelajaran LKS Word Square berisi pertanyaan yang sesuai dengan pengertian-pengertian penting suatu konsep atau sub konsep. Pertanyaan pertama berupa pertanyaan yang jawabannya berupa kunci yang dalam mata pelajaran biologi seringkali menggunakan istilah asing. Pertanyaan kedua harus terkait dengan pertanyaan pertama dan merupakan lanjutan dari pengertian tersebut. Begitu seterusnya, sehingga semua pertanyaan sudah mewakili konsep yang akan dipelajari. Setelah itu siswa berdiskusi untuk mendapatkan jawaban dan menemukannya pada kotak-kotak Word Square. Pada akhir pembelajaran, siswa menyimpulkan materi bahasan yang telah didiskusikan.

Dengan demikian siswa memperoleh pengalaman belajar yang berarti (Anonim, 1991). LKS Word Square memerlukan pengetahuan dasar dari siswa sehingga sebelumnya siswa harus membaca materi/pokok bahasan yang akan dipelajari. Dengan demikian siswa akan terlatih untuk memanfaatkan buku sumber dan terampil belajar mandiri.

Langkah-langkah membuat LKS Word Square adalah sebagai berikut:
a. menentukan topik sesuai konsep/subkonsep
b. menuliskan kata-kata kunci sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
c. menuliskan kembali kata-kata kunci dimulai dengan kata-kata terpanjang
d. membuat kotak-kotak word square
e. mengisikan kata-kata kunci pada kotak word square
f. menambahkan huruf pengisian ke kotak kosong secara acak

LKS Word Square sebagai alat bantu pembelajaran mempunyai peranan sebagai berikut:
a. merupakan variasi pembelajaran
b. memudahan mengajar karena LKS word square disusun sesuai urutan
pengertian penting
c. meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar karena model ini selalu diikuti diskusi atau penjelasan guru, sehingga jawaban pertanyaan merupakan pengertian yang utuh dan berkaitan
d. Konsep yang disampaikan oleh guru menjadi nyata dan jelas, mudah dipahami dan diingat
e. memotivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar

Menurut Saptono (2003) langkah-langkah pembelajaran Word square adalah:
a. siswa diarahkan untuk mempelajari topik tertentu yang akan disampaikan
b. siswa disuruh menemukan istilah dalam word square yang relevan dengan topik yang telah dipelajari
c. siswa memberikan penjelasan tentang kata yang ditemukan. Informasi dari siswa tentang kata tersebut sebanyak-banyaknya digalim oleh guru.
d. penjelasan siswa divariasikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh siswa.

Pustaka:
Anonim. 1991. Material for Learning Work Sheet Biology. Indonesia PKG. Science Instructor.

Hornby, A.S. 1974. Oxford Advanced learner’s dictionary of Current English: Oxford University Press.

Saptono, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Universitas Segeri Semarang.

Urdang, L. 1968. The Random House Dictionary of the English Language the College Edition. New York: Random House.

Dikutip dari Tri Wurianingrum (Universitas Negeri Semarang) dalam penelitiannya tentang Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Observasi yang Divariasikan dengan LKS Word Square pada Materi Klasifikasi Hewan di SMP Negeri 8 Purwerejo
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER