MEMBUAT FRAME FOTO SEDERHANA DENGAN PHOTOSHOP

Monday, September 12, 2011 Posted by Rino Safrizal
Kali ini saya ingin share tutorial bikin frame/bingkai foto yang bisa dibilang masih jadul gitu (tapi fotonya ga jadul lho..).

Anda bisa pake foto apa saja, asal jangan foto ngeres ya.. postingan kali ini saya pake foto cwe yang pernah deket ama saya (tapi sekarang ga lagi lho,,,).
Langsung aja tutorialnya.

Step 1.
Buat kanvas dengan ukuran 500 x 400 pixels. Ini terserah teman.
Buat layer baru (Layer 1) dengan menekan ctrl+shift+N, lalu cat dengan warna putih (warna nie tar jadi warna latar fotonya setelah dimanipulasi).

Step 2.
Buka foto yang Anda inginkan, lanjutkan dengan mendrag (tekan move tools, tahan & drag) foto tersebut ke kanvas yang kita bikin tadi. Jika berhasil ini akan jadi Layer 2 nya..
Step 3.
Klik Layer 2, lakukan seleksi dengan Rectangular Marquee Tool seperti pada gambar di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik Select > Inverse.
Step 4.
Selanjutnya kita bikin framenya..Klik tombol Edit in Quick Mask Mode pada jendela sidebar kiri (atau bisa langsung tekan tombol Q).
Step 5.
Ini masih tetap pada Layer 2 ya. Klik Filter > Distort > Ripple, masukkan angka sesuai keinginan Anda. Di sini saya pake 600.
Step 6.
Matikan Quick Mask dengan menekan tombol Q kembali. Lanjutkan dengan menekan tombol delete pada keyboard..Fungsinya mehapus bagian yang terseleksi tadi, yang nantinya akan dijadikan frame foto.
Hilangkan seleksi dengan klik Select > Deselect
Step 7.
Terakhir klik kanan pada Layer 2, pilih Blending Option > Drop Shadow: masukkan angka Distance 10, Spread 5, Size 5. Lakukan Merge layer dengan mengklik kanan Layer 2 > Marge Down.
Tinggal di save..
Sampe di sini udah selesai..
Jangan lupa komentarnya ya…!!

Post a Comment

FOLLOWER