MEMBUAT KEPINGAN FOTO DENGAN PHOTOSHOP

Sunday, October 31, 2010 Posted by Rino Safrizal
rhynoSbloG.coM - Membuat kepingan foto dengan photoshop tidak sesulit yang dibayangkan. Tapi tidak juga semudah menggunting foto asli kita hingga berkeping-keping.
Yuks kita ikuti tutorialnya . . .

STEP 1.

Buka foto yang ingin Anda manipulasi dengan cara klik file > open. Di sini saya menggunakan foto waktu saya masih muda.
He he he . . .

STEP 2.

Sekarang kita ke tahap membuat kepingan foto. Tools yang Anda manfaatkan di sini adalah Rectangular Marque Tool yang digunakan untuk menyeleksi bagian foto yang Anda inginkan.
STEP 2.A
Buatlah area segi empat pada bagian yang Anda sukai, lalu copy dan pastekan hasil seleksi Anda sehingga terbentuk Layer 1.

STEP 2.B
Klik kanan Layer 1, pilih blending option > stroke. Atur parameter size 2px dan ubah warnya menjadi FFFFFF (putih). Fungsi stroke di sini adalah untu memperjelas kepingan foto yang kita buat tadi.

STEP 3.

Buat kepingan baru dengan cara yang sama seperti STEP 2.A dan 2.B. tiap Anda ingin membuat kepingan baru, arahkan mouse Anda ke layer Background.
Jangan ragu untuk membuat kepingan foto yang saling tumpang tindih. Atur sesuai dengan kreasi yang Anda inginkan. Saya membuat 5 kepingan foto di sini sehingga terbentuk 5 layer.


STEP 4.

Setelah terbentuk kepingan-kepingan foto yang Anda inginkan, sekarang hilangkan bagian yang tidak diinginkan atau yang tidak terseleksi tadi dengan cara mengklik icon mata pada layer background, fungsinya adalah untuk menonaktifkan layer background.



STEP 5.

Untuk membuat efek kepingan yang tidak beraturan, klik ctrl + T pada masing-masing layer kepingan foto yang Anda buat.
Silakan atur arah transform sesuai dengan selera yang diinginkan.

STEP 6.


Biar kelihatan menarik lagi, berikan warna background yang mencolok pada gambar. Caranya dengan mengaktifkan icon mata background.
Sebelumnya atur warna foreground and background ke kondisi default dengan cara klik tombol D.
Ubah warna putih dengan warna yang Anda inginkan. Di sini saya menggunakan warna biru laut (05c7e4), lalu klik ctrl + backspace (tombol mundur) sehingga menjadi seperti ini.

Setelah Anda melewati tahapan di atas tentunya alasan untuk membuat kepingan foto yang sulit tidak lagi, karena pada kenyataannya memang sederhana dan mudah.
Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda.

FOLLOWER