PERUBAHAN SOSIAL

Sunday, February 26, 2012 Posted by Rino Safrizal
rhynoSbloG.coM - Setiap masyarakat selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan. Perubahan mana dapat berupa perubahan yang tidak menarik dalam arti kurang mencolok. Ada pula yang pengaruhnya terbatas maupun yang luas, serta ada pula perubahan-perubahan yang lambat sekali, akan tetapi ada juga yang berjalan dengan cepat.

Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan budaya yang ada di masyarakat. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan (Soekanto, 1983).

Tapi terdapat perbedaan yang jelas antara perubahan sosial (social change) dengan perubahan budaya (culture change). Perubahan sosial merupakan perubahan dalam segi struktur sosial dan hubungan sosial, sedangkan perubahan budaya mencakup perubahan dalam segi masyarakat (Horton, P, B., & Hunt, C, L., 1984).


Perubahan sosial meliputi perubahan dalam segi distribusi kelompok usia, tingkat pendidikan rata-rata, tingkat kelahiran penduduk, penurunan kadar rasa kekeluargaan dan informalitas antar tetangga karena adanya perpindahan orang dari desa ke kota, dan perubahan peran suami sebagai atasan yang kemudian menjadi mitra istri; sedangkan perubahan budaya dapat meliputi penemuan dan penyebaran mobil, penambahan kata-kata baru terhadap bahasa kita, perubahan konsep tata susila dan moralitas, bentuk seni baru, dan kecendrungan masyarakat yang menghendaki adanya persamaan seksual (Horton, P, B., & Hunt, C, L., 1984).


Hampir semua perubahan besar mencakup aspek sosial dan aspek budaya . Oleh karena itu, dalam penggunaan kedua istilah tersebut perbedaan diantara keduanya tidak diperhatikan. Di samping itu juga, kedua istilah tersebut seringkali ditukar-pakaikan. Sering kita dengar dengan istilah perubahan sosial-budaya (socio cultural change) agar dapat mencakup kedua jenis perubahan tersebut.

DAFTAR RUJUKAN

Horton, P, B., & Hunt, C, L. 1984. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Soekanto, S. 1982. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soekanto, S. 1982. Teori Sosiologi tentang Pribadi dalam Masyarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Soekanto, S. 1983. Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Labels:
  1. selamat malam, baca2 entry menarik mas bro disini, link exchange anda sudah terpasang di blog saya. terimakasih.

  2. Terima kasih sobat, linknya juga udah terpasang di blog saya.

Post a Comment

FOLLOWER