Prinsip dan Pendekatan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Monday, October 31, 2011 Posted by Rino Safrizal
Pada prinsipnya, pengembangan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Oleh karena itu, guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang sudah ada. 

Prinsip pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa mengusahakan agar peserta didik mengenal dan menerima nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai milik mereka dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya melalui tahapan mengenal pilihan, menilai pilihan, menentukan pendirian, dan selanjutnya menjadikan suatu nilai sesuai dengan keyakinan diri. Dengan prinsip ini, peserta didik belajar melalui proses berpikir, bersikap, dan berbuat. Ketiga proses ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan sosial dan mendorong peserta didik untuk melihat diri sendiri sebagai makhluk sosial. 

Berikut prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. 

1. Berkelanjutan; mengandung makna bahwa proses pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa merupakan sebuah proses panjang, dimulai dari awal peserta didik masuk sampai selesai dari suatu satuan pendidikan. Sejatinya, proses tersebut dimulai dari kelas 1 SD atau tahun pertama dan berlangsung paling tidak sampai kelas 9 atau kelas akhir SMP. Pendidikan budaya dan karakter bangsa di SMA adalah kelanjutan dari proses yang telah terjadi selama 9 tahun. 

2. Melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah; mensyaratkan bahwa proses pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dilakukan melalui setiap mata pelajaran, dan dalam setiap kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Gambar 1 berikut ini memperlihatkan pengembangan nilai-nilai melalui jalur-jalur itu:
Gambar 1. Pengembangan Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Pengembangan nilai budaya dan karakter bangsa melalui berbagai mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam Standar Isi (SI), digambarkan sebagai berikut ini.
Gambar 2. Pengembangan Nilai Budaya dan Karakter Bangsa melalui Setiap Mata Pelajaran 

3. Nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan; mengandung makna bahwa materi nilai budaya dan karakter bangsa bukanlah bahan ajar biasa; artinya, nilai-nilai itu tidak dijadikan pokok bahasan yang dikemukakan seperti halnya ketika mengajarkan suatu konsep, teori, prosedur, ataupun fakta seperti dalam mata pelajaran agama, bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS, matematika, pendidikan jasmani dan kesehatan, seni, dan ketrampilan. 

Materi pelajaran biasa digunakan sebagai bahan atau media untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Oleh karena itu, guru tidak perlu mengubah pokok bahasan yang sudah ada, tetapi menggunakan materi pokok bahasan itu untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Juga, guru tidak harus mengembangkan proses belajar khusus untuk mengembangkan nilai. Suatu hal yang selalu harus diingat bahwa satu aktivitas belajar dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Konsekuensi dari prinsip ini, nilai-nilai budaya dan karakter bangsa tidak ditanyakan dalam ulangan ataupun ujian. Walaupun demikian, peserta didik perlu mengetahui pengertian dari suatu nilai yang sedang mereka tumbuhkan pada diri mereka. Mereka tidak boleh berada dalam posisi tidak tahu dan tidak paham makna nilai itu. 

4. Proses pendidikan dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan; prinsip ini menyatakan bahwa proses pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa dilakukan oleh peserta didik bukan oleh guru. Guru menerapkan prinsip ”tut wuri handayani” dalam setiap perilaku yang ditunjukkan peserta didik. Prinsip ini juga menyatakan bahwa proses pendidikan dilakukan dalam suasana belajar yang menimbulkan rasa senang dan tidak indoktrinatif. Diawali dengan perkenalan terhadap pengertian nilai yang dikembangkan maka guru menuntun peserta didik agar aktif. Hal ini dilakukan tanpa guru mengatakan kepada peserta didik bahwa mereka harus aktif, tapi guru merencanakan kegiatan belajar yang menyebabkan peserta didik aktif merumuskan pertanyaan, mencari sumber informasi, dan mengumpulkan informasi dari sumber, mengolah informasi yang sudah dimiliki, merekonstruksi data, fakta, atau nilai, menyajikan hasil rekonstruksi atau proses pengembangan nilai, menumbuhkan nilai-nilai budaya dan karakter pada diri mereka melalui berbagai kegiatan belajar yang terjadi di kelas, sekolah, dan tugas-tugas di luar sekolah. 

Sumber: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Labels:
  1. Terima kasih sobat atas berbagi infonya nih...hal yang baru bagi saya

  2. @ Cardiacku: Sama-sama gan, senang sekali bisa berbagi di sini.

  3. asik dapet ilmu baru nih di blog kesayangan ku ini,thank ya untuk infonya gan,sorry nih saya baru bisa BW lagi

  4. @ Blogcunayz : Iya gan, ma kasih kunjungan balasannya.

  5. capek2 setelah ngukurin jalan raya seharian, cari kopi anget ke tetangga sebelah...

    nice impo sob

  6. @ gang tutorial: Berat juga kerjaan tu gan, tantangan besar ya gan, ok thanks kunjungannya & selamat menikmati kopi hangatnya gan.
    tp law pengen segar minum es dung gan..

  7. nice info, btw support & keep write :d

  8. @Showgan: thanks sob atas dukungannya..

  9. Ikutan menyimak saudaraku...follow dan bertikar link sukses silakan untuk dicek di tampat Muhasabah

  10. Wahh... prinsip itu emank sangat penting Sob...
    Sama seperti kita kaum Hawa juga harus punya Prinsip... (Nggak nyambunk :D)

    Salam kenal Sob...
    boleh tukeran link y...
    link sobat udah nempel di AreL. Silahkan dicek...
    ditunggu backlinknya SOb...
    :D

  11. Thank share infonya. it's helpful enough.

  12. Sukses ya gan... maaf saya ikut nimbrung di sini, hehe. Salam kenal y

    http://skynet-jogja.blogspot.com/

  13. Bener-bener Blognya Guru Tulen.....
    saluuut.....
    sangat bermanfaat,Keep Posting....
    mampir disini pak guru....

  14. tukar link gan, linknya uda saya pasang.. cek it dot..

    http://kastechno.blogspot.com

  15. salam berkunjung gan,boleh tukaran link kan? sebagai hormat saya link anda sudah terpasang di blog sya,tirms sukses selalu blognya

  16. salam berkunjung,makasih ya gan,sukses terus blognya

  17. membentuk kepribadian bangsa untuk masa depan Indonesia

  18. ayo lanjutkan kreasinya mas, salam kenal ya ijin follownya

Post a Comment

FOLLOWER