2 PILIHAN MENGENAI MEMULAI PERUBAHAN, SEKARANG!

Thursday, June 11, 2009 Posted by Rino Safrizal
Oleh: Hingdranata Nikolay

"Tidak seorang pun bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru, tapi siapapun bisa memulai hari ini dan memulai akhir yang baru" - Maria Robinson
"Satu tahun dari sekarang, Anda hanya bisa berharap telah memulai hari ini " - Karen Lamb
Sebetul-betulnya, perubahan bukan hal yang mengerikan. Tidak lebih mengerikan dari persepsi betapa mengerikannya perubahan itu sendiri dan betapa sulitnya dan panjangnya perjuangan dalam perubahan tersebut.
Salah satu nasihat terbaik yang pernah saya dengar mengenai perubahan adalah: "Berubah saja!" dari Dr.Richard Bandler, sang jenius di belakang terkreasikannya NLP. Maksudnya sangat sederhana, perubahan tersebut terjadi dalam hitungan detik. Saat dimana kita mulai menganalisa, berpikir keras mengenai perubahan itu sendiri, kita sudah memulai langkah mensabotase perubahan. Lucunya, kita menganalisa dengan tujuan untuk berubah, tapi justru semakin banyak kita menganalisa, semakin banyak pula kita akan menemukan alasan untuk tidak segera berubah. Apa yang Anda fokuskan, berkembang. Anda fokus untuk mencari alasan kenapa Anda tidak perlu berubah sekarang, guess what, Anda akan temukan banyak sekali!
Pikirkan saja berbagai hal yang pernah Anda lalui selama ini, dan Anda akan menemukan begitu banyak hal yang Anda sesali dengan ungkapan "Coba kalau saya mulai lebih cepat!". Ada bagian dari kita yang ingin menunda memulai dengan sebuah NIAT baik, untuk melindungi kita dari akibat yang tidak menyenangkan, untuk mencegah kita dari keputusan yang terburu-buru, dan sejenisnya. Tapi pada dasarnya seluruh bagian pikiran dan tubuh kita tahu kita perlu berubah! Analisa kita dan berbagai data, informasi, fakta, dan sejenisnyalah yang kadang menggelapkan dan mengaburkan suara-suara dan perasaan perubahan ini. Semakin Anda tumpuk dengan berbagai 'realita' yang Anda kreasikan dan kumpulkan dari dunia eksternal, semakin dorongan perubahan dari internal tidak tampak. Kadang, tidak hanya anda menunda perubahan tersebut, Anda pun bisa tidak jadi berubah! Bahkan nantinya, setelah ada penyesalan, Anda masih tetap berusaha mencari-cara data dan fakta mendukung tidak perlunya Anda berubah.
You see, beberapa dari kita memerlukan sebuah kejadian dramatis atau situasi luar biasa tidak menyenangkan, baru terpaksa berubah, dan sadar seharusnya telah memulai perubahan lebih cepat. Misalnya kehilangan seseorang yang kita cintai, kehilangan pekerjaan, kehilangan harta, dan lain-lain. Jadi kita terpaksa berubah ke arah perubahan, yang sebenarnya kita sudah tahu dan sudah inginkan dari awal! Anda pun akhirnya melakukan sesuatu yang sudah Anda tahu dari awal harus Anda lakukan, tapi baru Anda lakukan setelah semuanya terlambat!
Salah satu alasan kita tertahan dan terus terjebak dalam arus 'hanya meneruskan' saja hidup kita yang sekarang, adalah sebuah persepsi bahwa entah sudah terlambat atau sudah tidak akan signifikan lagi perubahan yang akan kita hasilkan. Perhatikan ini, benar bahwa kita sudah terlambat untuk memulai dari awal lagi apa yang telah kita lakukan sekarang. Awalnya sudah lewat (kecuali awal baru sama sekali untuk sesuatu yang berbeda sama sekali)! Tapi kita selalu bisa memulai menentukan akhir yang baru lagi! Kita tidak perlu berakhir di arah yang kita tidak inginkan! Kita tidak bisa lagi mempengaruhi awal, tapi selalu bisa mempengaruhi akhir!
Bayangkan saja, di akhir perjalanan kita, saat kita memperoleh hasil yang kita inginkan, kita begitu bersyukur telah memulai perubahan tersebut dengan cepat. Sehingga, ungkapan kita bukan, "Seandainya saya mulai saat itu", melainkan "Senangnya saya telah mulai saat itu!".
PILIHAN yang sangat sederhana mengenai perubahan adalah: "Berubah saja!"
SEKARANG!

Have a positive day!

Hingdranata Nikolay
Licensed Trainer of NLP
Design Human Engineer

Mau berpartisipasi dengan forum Inspirasi Indonesia? Klik di sini

Post a Comment

FOLLOWER