Menurut Saya Inilah Makna Percaya Diri, Bagaimana Menurut Anda ?

Friday, February 24, 2012 Posted by Rino Safrizal
  1. Apakah kita telah percaya diri hari ini?
  2. Apakah kita pernah memikirkan cara agar lebih percaya diri?
  3. Apakah kita hanya asyik berangan-angan melakukan sesuatu namun akhirnya justru kehabisan waktu, karena terus menunggu hingga merasa sudah lebih percaya diri?
  4. Apakah kita kurang aktif atau merasa tidak memperoleh sebanyak yang kita inginkan, tetapi malah mendambakan kepercayaan diri itu dapat datang secara ajaib dan tiba-tiba?
    Kita umumnya mengira bahwa memiliki kepercayaan diri berarti meyakini kebolehan kita dalam melakukan hal-hal tertentu. Misalnya, bisa saja orang berkata: sebagai seorang penulis, saya yakin bisa menulis dengan baik dan dibaca banyak orang. Tapi bagaimana jika kita suguhkan sesuatu hal yang berbeda, seperti melukis atau berbicara di depan banyak orang; apakah ia mempunyai keyakinan yang sama saat ia menulis buku?

    Satu hal yang menjadi ganjalan sebelum seseorang merasa yakin memiliki kepercayaan diri, yaitu anggapan bahwa kita harus mahir dulu melakukan sesuatu. Masalahnya adalah dari sekian banyak keterampilan yang bisa kita kuasai dalam hidup ini, kemampuan kita tetap terbatas. Jadi, jika rasa percaya diri itu didasarkan pada kemampuan yang kita miliki. Rasa percaya diri itu hanya akan timbul bila kita melakukan kegiatan yang bisa kita lakukan itu. Artinya, keyakinan dan rasa percaya diri itu hanya timbul pada saat kita mengerjakan sesuatu yang memang mampu kita lakukan.

    Jadi, apa makna percaya diri sebenarnya?

    Menurut Barbara De Angelis, kepercayaan diri adalah sesuatu yang harus mampu menyalurkan segala yang kita ketahui dan segala yang kita kerjakan.

    Banyak hal yang bisa kita lakukan dan banyak pula kemampuan yang bisa kita kuasai dalam hidup ini. Namun, jika rasa percaya diri hanya didasarkan pada hal-hal yang berhubungan dengan beberapa keterampilan (misalnya menulis, melukis atau menjadi presenter), kita tidak akan pernah menjadi orang yang betul-betul percaya diri.

    Jadi, percaya diri adalah keyakinan yang tumbuh pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu secara optimal, baik hal-hal yang baru maupun hal-hal yang telah ia ketahui sebelumnya.
    Labels:
    1. Ane kadang2 pada situasi tertentu, merasa kurang PD dalam menghadapi sesuatu yang ane tidak kuasai atau tidak mengerti.

      Ternyata PD itu juga memiliki keterbatasan disetiap masing2 individu ya.....

    2. bagi saya klo PD krna sudah menguasai, kadang klo gak PD dan trpaksa harus dilakukan akhirnya nekad.. :) mantap sob postnya, mnambah wawasan dan membuka kepercayaan diri, thanks

    3. Menurut saya yang di katakan Barbara DeAngelis adalah benar, dan kepercayaan diri itu bisa kita dapatkan asalkan ada kemauan dan ketekunan serta loyalitas tinggi :D

    4. sip bang...setuju...selalu menumbuhkan kepercayaan diri tanpa bonek...hehehe

    5. ijin menyimak tips motivasi dari abang...
      semangat ya bang dan salam selalu

    6. mantab sob
      follow sukses #92 follback ya sob

    Post a Comment

    FOLLOWER