MENGENAL DAN MEMAHAMI LEBIH JAUH KEPRIBADIAN (bag ke-4)

Sunday, November 29, 2009 Posted by Rino Safrizal
4. Lingkungan Ideal
Setiap kepribadian memiliki comfort zone: “Saya suka suasana di mana . . . “
a. Sanguinis Populer
- ada orang untuk diajak ngobrol
- hasil kerja yang baik mendapat pengakuan dan penghargaan
- ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain
- setiap orang memiliki sikap yang baik
- orang diterima dan dihargai
- ada kondisi kerja yang positif
- saya terbebas dari tugas yang bersifat berulang dan banyak hal yang detil
b. Koleris Kuat
- saya dapat mengatur diri sendiri dan juga orang lain
- ada banyak kegiatan dan tantangan yang berbeda
- saya punya kebebasan untuk menentukan prioritas dan kecepatan saya
- saya bisa melihat bahwa saya bertumbuh dan berkembang
- hal yang dibicarakan/dikerjakan adalah hal yang penting
- saya punya kesempatan untuk maju
- saya bisa terlihat hebat
c. Melankolis Sempurna
- ada rencana kerja yang pasti
- saat kerja saya tidak direpoti/diganggu oleh orang lain
- tidak perlu terburu-buru
- terdapat penjelasan tugas dan pekerjaan yang tepat dan rinci
- ada kejelasan atas apa yang diharapkan untuk dicapai
- perubahan dilakukan dengan perlahan dan hati-hati
- saya dapat dihargai atas ide baru dan peningkatan yang saya lakukan
d. Phlegmatis Damai
- saya bisa bergabung dalam suatu kelompok
- ada penghargaan yang tulus
- ada kejadian dan rutinitas yang berulang
- saya tidak harus buru-buru dan mendapat tekanan
- tidak ada perubahan yang besar
- kita mengkhususkan diri pada sedikit hal
- saya tahu apa dan bagaimana batasan diri saya

Bahan rujukan: silakan Anda membaca lebih lanjut buku Born to be a Genius karangan Adi W. Gunawan.

Post a Comment

FOLLOWER