MENGENAL DAN MEMAHAMI LEBIH JAUH KEPRIBADIAN (bag ke-2)

Sunday, November 29, 2009 Posted by Rino Safrizal
2. Tip Motivasi
Pada bagian kedua berikut akan ditampilkan tip motivasi dari masing-masing kepribadian. Setiap kepribadian memiliki kunci motivasi (hot button) yang berbeda. Mereka berkata:
a. Sanguinis Populer
- saya suka punya banyak teman
- saya suka penerimaan
- saya suka orang lain yang menangani hal bersifat detil
- saya suka suasana yang bersahabat
- saya suka dukungan
- saya lebih suka proyek jangka pendek daripada yang jangka panjang
- penting bagi saya untuk menjadi populer
- saya tidak suka terlalu banyak peraturan
- saya suka pengakuan/penghargaan di depan umum
- saya mudah lupa pada fokus/”distracterd”
b. Koleris Kuat
- saya suka pegang kendali/peran
- saya suka keadaan yang banyak perubahan
- saat bekerja, saya bekerja sangat keras
- saat bermain, saya bermain dengan sungguh-sungguh
- saya suka kekuasaan
- saya tidak takut mengambil untuk resiko
- saya suka membuat keputusan
- saya tidak suka hal yang bersifat rutinitas/menoton
- saya tidak suka hal lambat dan berulang-ulang
- saya suka memecahkan masalah
- saya suka memimpin
c. Melankolis Sempurna
- saya suka kualitas/mutu
- saya tidak suka terlalu banyak hal yang bodoh
- saya suka tugas yang detil/terperinci
- saya suka informasi yang bersifat logis/masuk akal
- saya suka grafik
- saya suka menemukan solusi yang kreatif
- saya suka diyakinkan kembali mengenai sesuatu
- saya suka keadaan yang rapi/teratur
- saya punya standar yang tinggi bagi diri saya dan orang lain
- saya cenderung menjadi seseorang perfeksionis
- saya suka dipuji atas kerja yang baik
- saya mengerjakan hal step by step
Phlegmatis Damai
- saya suka gaya hidup yang stabil
- saya suka menyenangkan orang
- saya suka orang yang menikmati hidup
- saya tidak suka memulai proyek/tugas baru
- saya bahagia melihat orang lain bahagia
- saya tidak dapat bekerja sama dengan baik dengan orang yang agresif
- saya suka merasa dihargai
- saya suka rutinitas
- saya tidak suka hal yang “menantang”
- saya tidak keberatan diberitahu apa yang harus dikerjakan
- saya menikmati menyelesaikan tugas

Bahan rujukan: silakan Anda membaca lebih lanjut buku Born to be a Genius karangan Adi W. Gunawan.

Post a Comment

FOLLOWER