PERBANDINGAN ANTARA KEKUATAN DENGAN KELEMAHAN MENURUT TIPE KEPBIBADIAN (bag ke-2)

Monday, November 23, 2009 Posted by Rino Safrizal
K E L E M A H A N
1. E M O S I
a. Sanguinis Populer
tidak tahan kalau tidak bicara; suka melebih-lebihkan; senang pada hal-hal yang sepele; sulit mengingat nama; menakuti yang lain; terlalu riang bagi sementara orang; energinya tiada habis-habis; egois; suka mengeluh; naif, mudah dibohongi; bersuara keras dan suka tertawa keras; dikendalikan oleh keadaan; mudah marah; tampaknya tidak tulus bagi sementara orang; tidak pernah dewasa.
b. Koleris Kuat
‘Nge-boss’; tidak sabaran; cepat marah; tidak bisa rileks; terlalu menuruti kata hati; senang kontroversi dan argumentasi; tidak mau menyerah kalau kalah; keras kepala; tidak fleksibel; bukan pelengkap; tidak suka air mata dan perasaan; tidak simpatik.
c. Melankolis Sempurna
mengingat yang negatif; pemurung dan depresi; senang memendam sakit hati; pura-pura rendah hati; memiliki dunianya sendiri; citra dirinya rendah; mendengarkan secara selektif; terpusat pada diri sendiri; terlalu mawas diri; suka merasa bersalah; suka menganiaya; cenderung depresi mental.
d. Phlegmatis Damai
tidak antusias; penakut dan pencemas; sulti mengambil keputusan; menghindari tanggung jawab; tekad baja tersembunyi; terlalu malu dan menarik diri; terlalu berkompromi; merasa diri benar.

2. P E K E R J A A N
a. Sanguinis Populer
lebih suka ngobrol; melupakan kewajiban; tidak menindaklanjuti; kepercayaan diri mudah pudar; tidak berdisiplin; prioritasnya kacau; memutuskan menurut perasaan; mudah terganggu konsentrasinya; suka buang-buang waktu untuk mengobrol.
b. Koleris Kuat
kurang toleran terhadap kesalahan; tidak menganalisa detil; bosan oleh hal-hal yang sepele; bisa terlalu cepat mengambil keputusan; bisa kasar atau tidak taktis; memanipulasi orang; menuntut orang; menghalalkan segala cara; pekerjaan bisa menjadi ilahnya; menuntut loyalitas bawahan.
c. Melankolis Sempurna
tidak berorientasi pada sumber daya manusia; depresi kalau tidak sempurna; memilih pekerjaan yang sulit; ragu-ragu dalam memulai proyek; terlalu banyak membuang waktu untuk merencanakan; memilih analisa ketimbang kerja; menyesali diri; sulit disenangkan; standar seringkali terlalu tinggi; sangat butuh diterima.
d. Phlegmatis Damai
tidak berorientasi pada sasaran; kurang motivasi diri; sulit mulai; tidak senang kalau didesak; pemalas dan ceroboh; suka mengecilkan hati orang lain; lebih suka jadi pengamat.

3. T E M A N
a. Sanguinis Populer
tidak suka sendirian; butuh menjadi pusat perhatian; ingin populer; mencari nama; mendominasi percakapan; suka menginterupsi dan tidak mau mendengarkan; menjawab bagi orang lain; pelupa; suka cari-cari alasan; suka mengulang cerita.
b. Koleris Kuat
cenderung memanfaatkan orang; mendominasi orang; memutuskan bagi orang lain; mengetahui segalanya; bisa melakukan segalanya dengan lebih baik; terlalu mandiri; posesif terhadap teman dan pasangan; tidak bisa minta maaf; mungkin benar, namun tidak populer.
c. Melankolis Sempurna
hidup melalui yang lain; tidak tentram secara sosial; menarik diri; kritis terhadap yang lain; menahan kasih sayang; tidak suka ditentang; curigaan terhadap orang; suka bertantangan dan menuntut balas; pendendam; penuh kontradiksi; skeptis terhadap pujian.
d. Phlegmatis Damai
meredam antusiasme; tetap tidak mau melibatkan diri; tidak bersemangat; cuek terhadap rencana; suka menghakimi orang lain; sinis dan menggoda; menolak perubahan.

Referensi : Why Do I Feel the Way I Do ? Fred & Florence Littauer.
Untuk mengetahui lebih jauh, silakan Anda cari di toko buku terdekat.

Post a Comment

FOLLOWER