PERBANDINGAN ANTARA KEKUATAN DENGAN KELEMAHAN MENURUT TIPE KEPBIBADIAN (bag ke-1)

Monday, November 23, 2009 Posted by Rino Safrizal
K E K U A T A N
1. E M O S I
a. Sanguinis Populer
Kepribadian yang menarik, banyak bicara, tukang cerita, pusat perhatian pesta, humoris, kuat dalam mengingat warna-warni, secara fisik berpegangan pada pendengar, emosional dan demonstratif, antusias dan ekspensif, periang dan menggebu-gebu, ingin tahu, pandai manggung, bermata lebar dan polos, hidup di masa sekarang, berubah-ubah, tulus hati, selalu kekanak-kanakan.
b. Koleris Kuat
berbakat jadi pemimpin, dinamis dan aktif, terdorong untuk berubah, harus mengoreksi kekeliruan, berkemauan keras dan tidak ragu dalam mengambil keputusan, tidak emosional, tidak mudah berkecil hati, mandiri dan mengandalkan diri sendiri, percaya diri, dapat mengatur apapun.
c. Melankolis Sempurna
pemikir, analitis, serius dan jelas tujuannya, cenderung jenius, bertalenta dan kreatif, artistik atau musikal, filosofis dan puitis, menghargai keindahan, peka terhadap orang lain, mengorbankan diri, sadar diri, idealis.
d. Phlegmatis Sempurna
kepribadian merendah, santai dan rileks, tenang, kalem dan menguasai diri, sabar dan seimbang, hidupnya konsisten, pendiam namun banyak akal, simpatik dan murah hati, menyembunyikan perasaan, damai dengan kehidupan, sosok serba guna.

2. P E K E R J A A N
a. Sanguinis Populer
sukarela dalam bekerja, memikirkan kegiatan-kegiatan baru, tampak hebat dari luarnya, kreatif dan warna-warni, berenergi dan bersemangat, memulai pekerjaan dengan menggebu-gebu, menginspirasikan yang lain untuk ikut bergabung, menarik yang lain untuk bekerja.
b. Koleris Kuat
berorientasi pada sasaran, melihat gambaran keseluruhannya, pandai mengorganisasikan, mencari solusi-solusi praktis, cepat bertindak, mendelegasikan pekerjaan, bersikeras atas produksi, membuat sasaran, meransang kegiatan, berhasil walaupun ditentang.
c. Melankolis Sempurna
berorientasi pada jadwal, perfeksionis, standar tinggi, memperhatikan detil, ulet dan teliti, teratur dan terorganisasikan, rapih, ekonomis, melihat masalahnya, menemukan solusi-solusi kreatif, perlu menyelesaikan apa yang dimulainya, senang seni/grafis/angka/daftar.
d. Phlegmatis Damai
kompeten dan mantap, damai dan mudah setuju, memiliki kemampuan administratif, menengahi masalah, menghindari konflik, tahan di bawah tekanan, mencari cara yang mudah.

3. T E M A N
a. Sanguinis Populer
mudah berteman; menyenangi orang lain; senang dipuji; tampaknya bersemangat; diiri oleh yang lain; bukan pendendam; cepat meminta maaf; mencegah saat-saat membosankan; senang kegiatan-kegiatan spontan.
b. Koleris Kuat
tidak terlalu butuh teman; mau bekerja untuk kegiatan kelompok; mau memimpin dan mengorganisasikan; biasanya benar; sempurna dalam keadaan darurat.
c. Melankolis Sempurna
berhati-hati dalam berteman; puas berada di latar belakang; tidak suka menarik perhatian; setia; mau mendengarkan keluhan; dapat mengatasi masalah orang lain; peduli terhadap orang lain; mudah tergugah oleh belas kasih; mencari pasangan ideal.
d. Phlegmatis Damai
mudah bergaul; menyenangkan; tidak suka menyinggung; pendengar yang baik; tidak pandai berhumor; senang mengamati orang; memiliki banyak teman; berbelas kasih dan peduli.

Referensi : Why Do I Feel the Way I Do ? Fred & Florence Littauer.
Untuk mengetahui lebih jauh, silakan Anda cari di toko buku terdekat.

Post a Comment

FOLLOWER