PENGHARGAAN NOBEL BIDANG FISIKA 2010

Saturday, October 9, 2010 Posted by Rino Safrizal
rhynoSbloG.coM - Dua Ilmuan kelahiran Rusia, Andre Geim dan Konstantin Novoselov dari Universitas Manchester Inggris, mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Fisika atas terobosannya mengisolasi graphene.

Graphene merupakan suatu alotrop karbon (selain intan dan grafit) yang berbentuk lembaran datar tipis dengan setiap atom karbon memiliki ikatan sp2 (heksagonal) dan dikemas rapat dalam bentuk kisi Kristal seperti sarang lebah. Nama graphene berasal dari kata graphite + ene; graphite sendiri terdiri atas lembaran-lembaran graphene yang ditumpuk secara bersama. Graphite (grafit) dapat kita temukan pada mata pensil. Meski hanya setipis satu atom, tapi kekuatannya bisa disetarakan dengan 100 kali kekuatan baja.

Graphene ditemukan pada tahun 2004 oleh dua Ilmuan yang sama, Andre Geim dan Konstantin Novoselov. Graphene merupakan bahan semikonduktor tertipis di dunia. Graphene banyak diaplikasikan sebagai kapasitor dan transistor efek medan (Eko Widiatmoko, Graphene: Sifat, Fabrikasi, dan Aplikasinya).

Graphene merupakan bahan paling mahal di Bumi, dengan sebuah sampel yang dapat diletakkan di potongan rambut manusia memakan biaya lebih dari $1.000 (April 2008), karena sulitnya mengisolasi graphene dari induknya graphite. Harga graphene dapat menurun secara dramatis apabila metode produksi komersial dikembangkan di masa depan. Dengan metode isolasi yang diterapkan oleh dua Ilmuan ini, maka biaya produksi akan lebih murah dan sederhana.

Atas keberhasilannya mendapat penghargaan Nobel Fisika, kedua ilmuwan berhak menerima hadiah sebesar 10 juta Kronor atau sekitar Rp 14 miliar. Hadiah tersebut akan diberikan pada 10 Desember 2010 saat peringatan kematian Alfred Nobel (baca artikelnya di sini) yang menggagas dan mendanai penghargaan paling bergengsi di bidang sains ini.

Satu lagi, pada tanggal 9 Oktober 2010 (hari ini) penghargaan Nobel bidang perdamaian diberikan pada Liu Xiobo asal China yang dipenjara selama 11 tahun. Pemerintah China memprotes penghargaan Nobel ke Liu Xiobo atas alasan-alasan tertentu (mungkin Anda bisa goggling untuk mencari informasi lebih lanjut).

Labels:

FOLLOWER