PLANET GLIESE 581G: ALTERNATIF KEHIDUPAN SELAIN BUMI

Friday, October 8, 2010 Posted by Rino Safrizal

Beberapa tahun terakhir marak diberitakan tentang bencana alam: dari mulai tsunami, badai topan, banjir, kekeringan, kebakaran, gunung meletus, gempa bumi, semburan lumpur Lapindo; merupakan indikasi menurunnya kualitas dan kuantitas bumi secara keseluruhan.

Bencana alam merupakan konsekuensi logis baik disebabkan oleh aktivitas manusia, maupun alam itu sendiri (tenaga endogen dan eksogen).

Perubahan iklim merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari bencana alam di atas. Iklim yang memiliki rentang area yang luas, di dalamnya terdapat tatanan kehidupan, mulai dari manusia, tumbuhan dan hewan.

NASA memperkirakan daratan es yang ada di antartika bakal habis pada kurun waktu 2012-2013. Artinya sebagian dari isi bumi ini bakal tenggelam akibat dari mencairnya es ini.

Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ahli sains, khususnya bidang astronomi untuk mengembangkan risetnya mencari alternatif kehidupan baru selain bumi. Usaha mereka berhasil, beberapa hari lalu diberitakan di Media lokal tentang penemuan planet yang mempunyai spesifikasi layak untuk dihuni.

Berikut spesifikasi planet yang saya maksudkan:

  1. Nama planet: Gliese 581g
  2. Berada pada lintasan ke enam gugusan planet yang mengitari bintang Gliese 581 (kalau pada sistem tata surya, bintang Gliese 581 sama seperti matahari)
  3. Jarak planet Gliese 581g dengan pusat bintang: 22.5 juta km (jarak bumi - matahari: 149 juta km). Mungkin kalau pada sistem tata surya kita, jarak seperti itu bisa mencapai suhu 100oC pada siang hari, dan -100oC pada malam hari
  4. Massa planet: 3 kali massa bumi
  5. Jarak dari bumi ke planet Gliese 581g: sekitar 195.000.000.000.000 km (195 triliun km) atau sekitar200 tahun cahaya. Jarak yang sangat jauh sekali. Bisa dikatakan kalau kita menempuh jarak sejauh itu, butuh waktu 200 tahun dengan catatan kendaraan yang kita gunakan sama dengan kecepatan cahaya (kecepatan cahaya 3 x 10-8 m/s). Sayangnya kereta tercepat di bumi baru mencapai 500 km/jam atau 140 m/s. kalau 200 tahun, mungkin anak dari cucu kita yang akan nyampai ke sana. Kita udah DEAD duluan. HAHAHAHA
  6. Perkiraan suhu planet Gliese: 581g: -4oC - 71oC. Suhu daerah khatulistiwa saja yang hanya 35oC panasnya udah luar biasa, gimana kalau sampai 75oC? Dan suhu -4oC pada malam hari, pasti sangat dingin sekali, bahkan mungkin kita bisa membeku. Peneliti NASA mengkalim bahwa pada malam hari planet Gliese 581g akan dihangatkan oleh cahaya bintang yang ada di sekitarnya.
  7. Masa revolusi planet Gliese 581g : 37 hari (1.23 bulan di bumi). Jika dibandingkan dengan masa revolusi bumi 365 hari, maka kita akan cepat mengalami penuaan di sana. Kenapa ya? Analisa saya seperti ini: 1 kali revolusi bumi (365 hari) terhadap matahari kita hitung sebagai 1 tahun. Jika kita menerapkan hal yang sama dengan planet Gliese 581g , maka 1 tahunnya di sana hanya butuh waktu 37 hari. Kalau kita bandingkan Adik kita yang berumur 1 tahun di bumi, di planet Gliese 581g akan berumur 9.8 tahun. Ini dari segi usia, kalau dilihat dari segi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, saya kurang tau juga.

Melihat spesifikasi planet Gliese seperti itu, mungkinkah kita dengan alasan tertentu akan atau dapat berhijrah ke sana?

Yah, paling tidak kita tau bahwa alam banyak menyimpan rahasia yang belum dan tidak akan pernah terkuak seutuhnya.

Planet yang kita tinggali ini mungkin tidak akan berumur lama, tapi kita bisa meminimalkan kerusakan dengan mengubah pola hidup kita dari hal yang sederhana, mulai dari membuang sampah, pola makan hemat energi (vegetarian maksudnya), menghemat listrik, BBM ataupun menanam pohon. Pasti satu dari beberapa hal tadi bisa kita lakukan. Dengan kesadaran masing-masing individu tentunya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya…

Labels:

FOLLOWER