TEORI PERUBAHAN SOSIAL

Wednesday, August 24, 2011 Posted by Rino Safrizal
rhynoSbloG.coM - Para ahli filsafat, sejarah, ekonomi, dan para sosiolog telah mencoba untuk merumuskan prinsip-prinsip atau hukum-hukum perubahan-perubahan sosial. Banyak yang berpendapat bahwa kecendrungan terjadinya perubahan-perubahan sosial merupakan gejala wajar yang timbul dari pergaulan hidup manusia.

Beberapa teori yang telah diungkap oleh para ahli tentang perubahan sosial adalah sebagai berikut:

Teori Evolusioner



Semua teori evolusioner menilai bahwa perubahan sosial memiliki arah tetap yang dilalui oleh semua masyarakat. Semua masyarakat ini melalui urutan pentahapan yang sama dan bermula dari tahap perkembangan awal menuju ke tahap perkembangan terakhir. Ketika tahap terakhir telah tercapai, maka pada saat itu perubahan evolusioner berakhir. Beberapa ahli yang berperan dalam teori evolusioner adalah Auguste Comte (1798-1857), Herbert Spencer (1820-1903), Lewis Henry Morgan (1818-1881), dan terakhir Karl Marx (1813-1883).

Teori Siklus

Para penganut teori siklus juga melihat adanya tahapan yang harus dilewati, tetapi mereka berpandangan bahwa proses peralihan masyarakat bukannya berakhir pada tahapan ‘terakhir’ yang sempurna, melainkan berputar kembali ke tahapan awal untuk peralihan selanjutnya. Beberapa ahli yang merumuskan teori siklus adalah Oswald Spengler (1880-1936), Pitirin Sorokin (1889-1968), dan Arnold Toynbee (1889-1975).

Teori Fungsional dan Teori Konflik

Para penganut teori ini menerima perubahan sebagai sesuatu yang konstan dan tidak memerlukan penjelasan. Perubahan dianggap mengacaukan keseimbangan masyarakat. Perubahan yang ternyata bermanfaat (fungsional) akan diterima, sebaliknya perubahan yang terbukti tidak bermanfaat akan ditolak. Sedangkan teori konflik menilai bahwa yang konstan adalah konflik sosial bukannya perubahan. Perubahan hanyalah akibat dari adanya konflik tersebut.

DAFTAR RUJUKAN

Horton, P, B., & Hunt, C, L. 1984. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, S. 1982. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S. 1982. Teori Sosiologi tentang Pribadi dalam Masyarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soekanto, S. 1983. Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Labels:

Post a Comment

FOLLOWER