BAGAIMANA CARA BERHENTI MEROKOK ?

Friday, July 29, 2011 Posted by Rino Safrizal

Berbagi Referensi - Beribu-ribu orang dewasa menjadi perokok berat, bukannya suatu pilihan, melainkan karena mereka tidak mempunyai atau belum menemukan jalan keluar. Mereka terus-menerus merokok karena mereka sudah terikat dalam suatu kebiasaan selama usia belasan tahun, sementara begitu banyak orang muda beranggapan bahwa mereka kelihatan “gagah” bila merokok. Kebanyakan dari mereka sedapat mungkin untuk berhenti merokok, tetapi banyak dari mereka tidak berdaya melakukannya.
Pada awalnya, kebanyakan dari mereka tidak pernah ingin merokok. Mereka hanya melakukan apa yang mereka pikirkan sedang dilakukan oleh orang lain pada waktu itu. Tetapi disinalah bencananya dimulai. Merokok bukannya suatu kebiasaan yang normal. Seseorang terpaksa belajar merokok.
Para perokok berat beresiko meninggal lebih cepat 5 sampai 10 tahun jika dibandingkan orang-orang yang tidak merokok.
Mengapa begitu sulit bagi banyak orang untuk berhenti merokok? Tidak disangsikan lagi, kebanyakan orang terus-menerus merokok karena mereka mendapat kenikmatan yang sementara dari tembakau. Tetapi ini selalu disertai dengan kelesuan jika tidak menghisap sebatang rokok, yang kemudian berlanjut dengan rasa ketagihan terhadap rokok.
Pertanyaan yang muncul adalah “bagaimana menghentikan kebiasan merokok?”
Bagaimana seseorang dapat berhenti merokok? Tentu saja, hal pertama yang HARUS dilakukan adalah BERHENTI. Apakah Anda mengambil keputusan untuk berhenti hanya sejam sekali selama hari pertama, dan dua jam keesokan harinya dan tiga jam untuk hari berikutnya, atau apakah Anda akan berhenti sama sekali adalah persoalan pribadi yang harus Anda putuskan sendiri. Hampir setiap perokok yang sungguh-sungguh ingin berhenti merokok akan menghadapi suatu perjuangan yang berat.
Lalu, apa yang harus dilakukan untuk berhenti merokok? Berikut beberapa strategi yang dapat Anda ambil untuk berhenti merokok. Sekali lagi, dimulai dengan BERHENTI

Pertama
Sedapat mungkin, jauhkan diri Anda dari para perokok lain, terutama selama beberapa minggu pertama Anda ingin berhenti merokok. Ini membantu Anda terhindar dari godaan dan menguatkan keputusan Anda untuk tidak lagi merokok.

Kedua
Buanglah semua rokok Anda dan semua bekas tembakau yang Anda miliki. Tidaklah aman menyimpan suatu bahan rokok yang mudah didapat. Godaan untuk mulai menggunakan rokok terlalu besar jika Anda tetap menyimpan rokok sekalipun asbak dan kotak rokoknya.

Ketiga
Mandilah air hangat dua kali setiap hari dan lanjutkan kegiatan ini dengan mandi melalui pancuran air dingin

Keempat
Lakukanlah gerak badan yang cukup termasuk menarik nafas dalam-dalam serta berjalan-jalan jauh di udara terbuka beberapa kali setiap harinya. Ini akan membantu membersihkan paru-paru dan memperbaiki kesehatan pernapasan Anda.

Kelima
Perhatikan makanan Anda. Usahakan untuk makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Ini merupakan penawar yang manjur terhadap racun-racun yang terdapat pada tembakau. Pada hakikatnya, jika Anda makan sedikit kecuali buah-buahan dan sayur-sayuran selama beberapa minggu berikutnya, Anda segera akan kehilangan keinginan untuk merokok.

Keenam
Jangan menahan lapar terlalu lama. Makanlah dengan teratur dan jangan mencoba mengurangkan berat badan, sementara Anda mencoba menghilangkan kebiasaan merokok. Anda mungkin bertambah berat beberapa kilogram, tetapi tidak usah khawatir tentang hal ini. Anda dapat mengurangi berat tambahan itu kemudian setelah memastikan Anda telah berhenti merokok.

Ketujuh
Jauhkanlah makanan yang banyak sekali bumbunya dan minuman keras. Barangkali bahan-bahan ini telah mendorong keinginan Anda untuk mencoba rokok, dan telah merusakkan selera Anda untuk makanan-makanan yang normal yang membangun tubuh. Tinggalkanlah bahan-bahan seperti merica, rempah-rempah, dan segala yang pedas-pedas dari makanan Anda. Anda harus berhati-hati dengan penggunaan garam secara berlebihan. Tidak lama kemudian Anda akan heran dengan adanya cita rasa baru yang sedang Anda dapati dalam makanan Anda.

Kedelapan
Jadilah seorang pengikut kampanye yang ulet terhadap pemakaian tembakau dalam bentuk apapun. Ini mungkin membosankan beberapa dari sahabat Anda untuk sementara waktu, tetapi akhirnya Anda dapat menolong mereka juga.

Kesembilan
Serahkanlah diri Anda kepada Allah setiap hari dan setiap jam, memohonkan pertolongan Ilahi bilamana Anda merasa ingin merokok. Kekuatan dari Tuhan selalu didapat oleh mereka yang memerlukannya.

Kesepuluh
Janganlah ragu akan keputusan yang telah Anda buat untuk mengalahkan kebiasan ini, karena ini lebih berharga dari segala usaha yang terpaksa Anda lakukan.
Sekali Anda dapat memecahkan masalah ini, Anda akan heran melihat kenyataan betapa lebih baiknya perasaan Anda. Jantung akan berdenyut dengan normal, urat syaraf akan tenang, dan denyutan nadi kuat dan tetap. Yang tidak kalah pentingnya juga Anda terhindar dari kebiasaan yang bisa merusak kesehatan Anda serta tentunya kantong Anda tidak akan terkuras lagi akibat kebiasan buruk ini.

Mungkin diantara sekian strategi yang ditampilkan, tidak semua bisa kita lakukan. saya pribadi mengambil langkah pertama dengan membuat keputusan untuk BERHENTI MEROKOK. Memang, dihari-hari pertama ketika keputusan ini dibuat, rasa ingin merokok begitu besar, mengingat kegiatan ini merupakan sebuah KEBIASAAN, apalagi setelah makan. Tapi saya mengambil cara sederhana ketika perasaan merokok itu datang, saya ambil sebuah rokok, saya katakana kepada diri saya bahwa “rokok ini sangat tidak enak..” berulang kali saya mengungkapkan kalimat itu, sehingga persepsi kita tentang rokok yang awalnya nikmat, lama kelamaan menjadi tidak nikmat.

Semoga Anda berhasil, yach tentunya semua orang punya strategi dan tingkat kesulitan yang berbeda. Tapi tetap niat dan tujuannya sama.


Labels:
  1. Terima kasih infonya mas...
    Sangat bermanfaat.
    Merokok adalah sama artinya dengan membakar uang dan efeknya kelak adalah berbagai penyakit,diantaranya adalah penyakit Paru dan Jantung

  2. Iya mas, coba berbagi pengalaman..
    soalnya merokok itu awalnya aja yg enak, lama kelamaan menyiksa mas..
    hehe

  3. Hatur Nuhun Lah Info na.. Mantap banget tapi berat coy buat berhenti. bersyukurlah orang orang yang sudah jauh dari rokok yang bisa bikin mati dan cepet kere

  4. Tu lah sob, perjuangannya emang ga mudah..

    tapi keputusan bulat untuk berhenti adalah langkah awalnya sob..

  5. Nice info.. ak dah mencoba nerkali kali tetap tidak berhasil... mudah mudahan dengan tips ini akan berhasil.. :) Peace

  6. Selamat mencoba Mas, selalu ada solusi untuk setiap masalah, asal kuatkan niat dan bulatkan tekat n berusahalah..

Post a Comment

FOLLOWER