PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL

Monday, May 31, 2010 Posted by Rino Safrizal 2 comments
Pemberlakuan KTSP membawa implikasi bagi sekolah dalam melaksanakan KBM sejumlah mata pelajaran, dimana hampir semua mata pelajaran sudah memiliki Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk masing-masing pelajaran. Sedangkan untuk Mata Pelajaran Muatan Lokal yang merupakan kegiatan kurikuler yang harus diajarkan di kelas tidak mempunyai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasarnya. Hal ini membuat kendala bagi sekolah untuk menerapkan Mata Pelajaran Muatan Lokal. Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Muatan Lokal bukanlah pekerjaan yang mudah, karena harus dipersiapkan berbagai hal untuk dapat mengembangkan Mata Pelajaran Muatan Lokal.

Ada dua pola pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal dalam rangka menghadapi pelaksanaan KTSP. Pola tersebut adalah sebagai berikut.

A. PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL SESUAI DENGAN KONDISI SEKOLAH SAAT INI
Langkah dalam pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal bagi sekolah yang memang tidak mampu mengembangkannya, langkah tersebut adalah:
  1. Analisis Mata Pelajaran Muatan Lokal yang ada di sekolah. Apakah masih layak dan relevan Mata Pelajaran Muatan Lokal diterapkan di Sekolah?
  2. Bila Mata Pelajaran Muatan Lokal yang diterapkan di sekolah tersebut masih layak digunakan maka kegiatan berikutnya adalah merubah Mata Pelajaran Muatan Lokal tersebut ke dalam SK dan KD
  3. Bila Mata Pelajaran Muatan Lokal yang ada tidak layak lagi untuk diterapkan, maka sekolah bisa menggunakan Mata Pelajaran Muatan Lokal dari sekolah lain atau tetap menggunakan Mata Pelajaran Muatan Lokal yang ditawarkan oleh Dinas atau mengembangkan muatan lokal yang lebih sesuai.

B. PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL DALAM KTSP
1. Proses Pengembangan
Mata Pelajaran Muatan lokal pengembangannya sepenuhnya ditangani oleh sekolah dan komite sekolah yang membutuhkan penanganan secara profesional dalam merencanakan, mengelola, dan melaksanakannya. Dengan demikian di samping mendukung pembangunan daerah dan pembangunan nasional, perencanaan, pengelolaan, maupun pelaksanaan muatan lokal memperhatikan keseimbangan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Penanganan secara profesional muatan lokal merupakan tanggung jawab pemangku kepentingan (stakeholders) yaitu sekolah dan komite sekolah. Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal oleh sekolah dan komite sekolah dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan daerah
b. Menentukan fungsi dan susunan atau komposisi muatan lokal
c. Mengidentifikasi bahan kajian muatan lokal
d. Menentukan Mata Pelajaran Muatan Lokal
e. Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta silabus, dengan mengacu pada Standar Isi yang ditetapkan oleh BSNP
Lebih lanjut dijelaskan sebagai berikut:
a. Mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan daerah
Kegiatan ini dilakukan untuk menelaah dan mendata berbagai keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan. Data tersebut dapat diperoleh dari berbagai pihak yang terkait di daerah yang bersangkutan seperti Pemda/Bappeda, Instansi vertikal terkait, Perguruan Tinggi, dan dunia usaha/industri. Keadaan daerah seperti telah disebutkan di atas dapat ditinjau dari potensi daerah yang bersangkutan yang meliputi aspek sosial, ekonomi, budaya, dan kekayaan alam. Kebutuhan daerah dapat diketahui antara lain dari:
  1. Rencana pembangunan daerah bersangkutan termasuk prioritas pembangunan daerah, baik pembangunan jangka pendek, pembangunan jangka panjang, maupun pembangunan berkelanjutan (sustainable development);
  2. Pengembangan ketenagakerjaan termasuk jenis kemampuankemampuan dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan;
  3. Aspirasi masyarakat mengenai pelestarian alam dan pengembangan daerahnya, serta konservasi alam dan pemberdayaannya

b. Menentukan fungsi dan susunan atau komposisi muatan lokal
Berdasarkan kajian dari beberapa sumber seperti di atas dapat diperoleh berbagai jenis kebutuhan. Berbagai jenis kebutuhan ini dapat mencerminkan fungsi muatan lokal di daerah, antara lain untuk:
1) Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah;
2) Meningkatkan keterampilan di bidang pekerjaan tertentu;
3) Meningkatkan kemampuan berwiraswasta;
4) Meningkatkan penguasaan bahasa Inggris untuk keperluan sehari-hari;

c. Menentukan bahan kajian muatan lokal
Kegiatan ini pada dasarnya untuk mendata dan mengkaji berbagai kemungkinan muatan lokal yang dapat diangkat sebagai bahan kajian sesuai dengan dengan keadaan dan kebutuhan sekolah.

Penentuan bahan kajian muatan lokal didasarkan pada kriteria berikut:
1) Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik;
2) Kemampuan guru dan ketersediaan tenaga pendidik yang diperlukan;
3) Tersedianya sarana dan prasarana
4) Tidak bertentangan dengan agama dan nilai luhur bangsa
5) Tidak menimbulkan kerawanan sosial dan keamanan
6) Kelayakan berkaitan dengan pelaksanaan di sekolah;
7) Lain-lain yang dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan kondisi dan situasi daerah.

d. Menentukan Mata Pelajaran Muatan Lokal
Berdasarkan bahan kajian muatan lokal tersebut dapat ditentukan kegiatan pembelajarannya. Kegiatan pembelajaran ini pada dasarnya dirancang agar bahan kajian muatan lokal dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku di daerahnya dan mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional.

Kegiatan ini berupa kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas, potensi daerah, dan prospek pengembangan daerah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Serangkaian kegiatan pembelajaran yang sudah ditentukan oleh sekolah dan komite sekolah kemudian ditetapkan oleh sekolah dan komite sekolah untuk dijadikan nama mata pelajaran muatan lokal. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

e. Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta silabus, dengan mengacu pada Standar Isi yang ditetapkan oleh BSNP.
1) Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar adalah langkah awal dalam membuat mata pelajaran muatan lokal agar dapat dilaksanakan di sekolah.
Adapun langkah-langkah dalam mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar adalah sebagai berikut:
a) Pengembangan Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah menentukan kompetensi yang didasarkan pada materi sebagai basis pengetahuan.
b) Pengembangan Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa. Penentuan ini dilakukan dengan melibatkan guru, ahli bidang kajian, ahli dari instansi lain yang sesuai.

2) Pengembangan silabus secara umum mencakup:
a) Mengembangkan indikator
b) Mengidentifikasi materi pembelajaran
c) Mengembangkan kegiatan pembelajaran
d) Pengalokasian waktu
e) Pengembangan penilaian
f) Menentukan Sumber Belajar
Langkah-langkah tersebut dapat mengacu pada penyusunan silabus mata pelajaran.

Referensi:
Model Mata Pelajaran Muatan Lokal untuk SD/MI/SDLB - SMP/MTs/SMPLB - SMA/MA/SMALB/SMK: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta Tahun 2006.
READ MORE - PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL
Labels:

WHAT A WONDERFULL WORLD: BEGITU INDAHNYA DUNIA INI

Thursday, May 27, 2010 Posted by Rino Safrizal 1 comments
I see trees of green... red roses too
I see em bloom... for me and for you
And I think to myself... what a wonderful world.

I see skies of blue... clouds of white
Bright blessed days... dark sacred nights
And I think to myself ... what a wonderful world.
*. . . . .*
dipopulerkan oleh Louis Amstrong

what a wonderful world; kata yang tepat untuk mengukapkan kekaguman kita terhadap apa yang ada di dunia ini. Begitu indahnya dunia, sampai-sampai penyanyi terkenal di era 60’an mengungkapkan kekagumannya dalam tiap bait lagunya. Siapa lagi yang sadar bahwa dunia ini begitu indah? Bahwa dunia ini benar2x diciptakan dengan satu alasan “Jagalah aku, maka aku akan memberikan cahaya kedamaian kepadamu..” Seperti yang Ia ungkapkan dalam liriknya “They're really sayin.., I love you..”

Di tiap bait liriknya tidak ada satu pun kegelisahan seorang Louis Amstrong terhadap alamnya. Ia hanya ingin mengungkapkan kekagumannya. Tapi sekarang, apa yang terjadi dengan dunia kita?
Masih tepatkah kata “wonderful…” untuk diungkapkan?
READ MORE - WHAT A WONDERFULL WORLD: BEGITU INDAHNYA DUNIA INI
Labels:

EasyHits4U, PROGRAM MENINGKATKAN TRAFIK PENGUNJUNG BAGI BLOGGER PEMULA

Monday, May 24, 2010 Posted by Rino Safrizal 3 comments
Bagi para blogger, trafik adalah suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena berhubungan dengan sejauh mana blog kita dikenal oleh banyak orang. Mungkin bagi para internet marketer atau para blogger yang udah berkecipung sejak lama dan punya pengunjung yang tetap, tidak terlalu mempermasalahkan tetang hal ini.

Saya pernah mengalami satu hal ketika saya baru mengenal dunia blogging. Sehari setelah launcing blog pertama sy, sy berfikir kira2x seperti ini “Udah berapa banyak yg ngeliat blog aku ya?” law ingat kalimat itu, rasa geli juga dihati. Yah, bagaimana mau dilihat orang, promosi ngga, tukar link ngga, submit ke SE ngga….; wajar aja dung? Betul ga?

Itu masa lalu, mungkin salah satu alternative biar blog kita bisa dilihat oleh pengunjung lain adalah ikutan program dari EasyHits4U.

Lho, emang ada apa dengan program satu ini?
EasyHits4U merupakan proram link exchange yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Sederhananya seperti ini: Anda melakukan kunjungan 1 blog/web, maka Anda akan dikunjungi sebanyak Anda mengunjungi blog/web orang lain, atau disebut juga rasio 1:1.

Caranya gimana ya?
Sebelum Anda melakukan surfing, masukkan dulu blog yang ingin Anda daftarkan di sini, caranya klik menu My Site > Add a new site, isikan data sesuai perintah yang di inginkan, kolomnya seperti di bawah ini.


Url > Isikan dengan alamat url blog Anda
Title > isikan dengan nama blog Anda
Geo targeting > Pilih target yang Anda inginkan
Selanjutnya biarkan dalam kondisi default, lalu tekan Submit site. Tunggu 30 detik untuk konfirmasi blog Anda, lalu tekan OK lagi. Maksimal blog/web yang bisa didaftarin adalah sebanyak 10 blog.

Setelah Anda berhasil sign up, Anda harus melakukan surfing dengan memilih icon “Start surfing (2:1, 15 sec); artinya Anda mengunjungi 2 blog/web, sebagai imbalannya Anda akan dikunjungi sebanyak 1 kali selama min 15 detik; dan icon “Start surfing (1:1), 20 sec” seperti yang sy jelaskan di atas, selama min 20 detik. Jika bingung, contoh iconnya seperti di bawah ini.

Saya sarankan Anda untuk memilih yang kedua, karena rasio perbandingannya seimbang. Jika sudah di klik maka, tiba saatnya untuk surfing blog orang lain dengan cara mengklik sesuai dengan angka/kata di samping kanan setelah durasi waktunya habis. Contoh tampilan seperti di bawah ini.

Yang harus Anda lakukan di sini menjawab pertanyaan yang ada pada gambar tersebut. jangan jawab dulu sebelum waktunya habis ya. Jika Anda telah mencapai 25 kali surfing, tombol klaim akan muncul, dan Anda harus mengklik tombol tersebut. jika Anda merasa masih ingin melanjutkan surfing, lakukan seperti langkah tadi. Semakin banyak Anda surfing, semakin banyak pula Anda mendapatkan kredit yang artinya blog Anda akan kedatangan tamu sebanyak yang Anda lakukan.

Apalagi yang akan diberikan oleh EasyHits4U ?
Selain link exchange, Anda akan dihargai 0.3 $/1000 kali kunjungan atau surfing. Nie namanya sambil menyelam minum air. Betul ga ? EasyHits4U juga menyediakan referral buat Anda. Kopi skrip bannernya lalu pasang di blog Anda. Untuk referral, Anda akan mendapatkan 0.1 $/100 kali kunjungan yang dilakukan oleh referral Anda. Lumayan kan ?

Satu lagi, payout yang diberlakukan oleh EasyHits4U adalah 3 $ melalui paypal, jadi perlu 10,000 x kunjungan = kredit yang Anda butuhkan untuk mendapatkan 3 $ ini. Artinya apa ya ? artinya blog Anda dikunjungi 10.000 visitor ketika Anda telah mencapai 3 $ ini. Huhhh, bisa naik rankingnya, betul ga ?

Ok deh, bagi Anda yang berminat untuk menambah trafik kunjungan blog Anda silakan klik EasyHits4U.com, atau klik banner di bawah ini.

Popular 1:1 Traffic Exchange

READ MORE - EasyHits4U, PROGRAM MENINGKATKAN TRAFIK PENGUNJUNG BAGI BLOGGER PEMULA
Labels:

NEOBUX, PAID TO CLICK YANG MENGHARUSKAN KITA UNTUK “KONSISTEN & SABAR”

Friday, May 21, 2010 Posted by Rino Safrizal 5 comments
Pernah dengah Neobux? Salah satu situs yang menawarkan program PTC (Anda akan dibayar tiap iklan yang di klik) yang bertahan udah cukup lama dan semakin jaya. Sy masih ingat dulu situsnya masih agak jadul banget dengan warna hijaunya yang sy bilang “Norak”; membuat sy tidak yakin dengan integritas situs ini. Tapi tanpa sy sadari, situs ini masih bisa bertahan sampai sekarang dan semakin banyak aja peminatnya. Tampilannya juga udah ga kaku kayak sebelumnya. Tu salah satu yang membuat sy untuk kembali membuka akun di sini (karena sebelumnya akun sy di suspend).

Banyak bisnis serupa, yang menarawarkan program PTC nya; mulai dari 0.001 $/click bahkan ada situs PTC yang berani bayar 1 $/click (ini udah jelas2x scam, hati2x kalau ketemu situs 1 ini). Anda percaya hal ini?

Jika Anda membuka akun di sini, tiap harinya akan ada 4 iklan yang bisa Anda klik, dengan harga tiap kliknya adalah 0.01 $ (± 95 Rp). Jika kita konsisten, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar bisa di withdrawal ke akun paypal kita? (payout dari Neobux adalah 10 $) Mari kita lihat:
Asumsikan kita tidak punya referral 1 pun, maka:
1. 0,01 $ x 4 = 0.04 $/hari
2. 0.04 $ x 30 = 1.2 $/bulan
3. 10$/1.2$ = 8.33 bulan = 250 hari

Ternyata cukup lama juga ya,,

Tapi tenang, ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk mendulang penghasilan di PTC:
  1. Buka akun PTC paling tidak 5 PTC yang berbeda (tapi lihat juga, cari yang benar2x dapat dipercaya dan yang lebih penting bukan “SCAM”)
  2. Promosikan referral link Anda ke banyak orang, ajak mereka ikutan (Berita baiknya adalah Anda tidak perlu blog/web pribadi untuk ikutan bisnis PTC)
  3. Banyak fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi, facebook adalah salah satunya yg paling efektif bagi sy (tentunya email jg ga kalah penting); tp jangan lupa sisipkan juga kata2x yg bisa menambah keyakinan dan pemahaman orang (kebanyakan orang masih awam dengan bisnis seperti ini)
  4. Bagi yang punya blog, pasang scrip iklannya di blog
  5. Posting artikel yang berkaitan dengan PTC, dan jangan lupa taruh link atau banner di dalamnya, biar orang lain bisa membuka akunya langsung dari link Anda
  6. Mau lebih cepat lagi sebaiknya upgrade akun Anda, biar iklan yang muncul lebih banyak. Tapi butuh modal lagi
Sy rasa itu aja yang harus diperhatikan untuk bisnis PTC. Sebagai perbandingan, sy pernah buka akun di clixsense, awal2x dulu iklan sering muncul, tp lama kelamaan ga pernah muncul lagi. Sepertinya ia mengharuskan untuk upgrade akun. Hugh . . .

Ingin coba PTC satu ini? Daftar di sini atau klik banner di bawah ini.



Belum punya akun paypal? Daftarkan diri Anda dengan mengklik banner di bawah ini.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
READ MORE - NEOBUX, PAID TO CLICK YANG MENGHARUSKAN KITA UNTUK “KONSISTEN & SABAR”
Labels:

KOPI DAN KEHAMILAN

Posted by Rino Safrizal 1 comments
Bila Anda pecinta kopi, tentu terasa sekali kalau harus menjauhi minuman ini selama hamil. Kafein adalah stimulan yang dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga bisa mempengaruhi supai oksigen dan zat gizi pada bayi Anda. Selama itu, kafein juga merupakan zat diuretik yang menyebabkan tubuh banyak kehilangan cairan dan sebagian kalsium.
Trish Booth dalam buku Pregnancy Q & A, menyarankan bila Anda tidak bisa berhenti total minum kopi, sebaiknya batasi asupan kafein harian. Misalnya, cukup minum kopi secangkir sehari. Bila masih ingin tambah, cobalah minum kopi tanpa kafein (decaf).
READ MORE - KOPI DAN KEHAMILAN
Labels:

DAPATKAN PENGHASILAN DARI JEJARING SOSIAL PEOPLE STRING

Wednesday, May 19, 2010 Posted by Rino Safrizal 3 comments

Beberapa minggu ini saya surfing internet mencari bisnis online yang lagi trend bagi para netter (mungkin terlalu luas; saya istilahkan saja dengan blogger). Saya ketemu yang namanya “people string” sebuah jejaring sosial yang bisa disejajarkan dengan jejaring sosial lain seperti facebook, twitter, maupun friendster. Yang buat saya penasaran dan pengen tau lebih lanjut tentang jejaring sosial satu ini adalah insentif yang diberikan oleh pihak people string bagi para pengguna akunnya. Inilah salah satu keuntungan yang membedakannya dengan jejaring sosial lain seperti facebook

Lalu apa yang akan kita dapatkan di sini ?
  1. Kebebasan dalam berinteraksi dan berkomunikasi sama halnya dengan facebook (umum)

  2. Login ke akun people string Anda > 10 poin

  3. Dapat email > 10 poin (Anda tidak diwajibkan untuk membaca email ini)

  4. Click Cashbox/Mailbox > 10 poin

  5. Searching apa aja melalui Google search yang letaknya pojok kanan atas > 10 poin/Seaching

  6. Lihat iklan produk pada bagian shoping yang letaknya sebelah kiri > 10 poin
Sy belum dapat informasi yang pasti tentang conversi poin ke mata uang, beberapa referensi mengatakan bahwa untuk 100 poinnya dihargai dengan 1 $. Tapi itu masih simpang siur, ada yang bilang “ga benar”. Tidak butuh waktu lama untuk dapat poin di people string, lakukan seperti apa yang Anda lakukan di facebook itu udah cukup untuk Anda mendapatkan benefit di sini.

Masih kurang? Cara ini mungkin bisa membangkitkan gairah Anda untuk membuka akun di sini, yaitu dengan mengajak/invite teman sebanyak-banyak untuk bergabung di people string. Mekanismenya seperti berikut:

  1. Referral langsung di bawah Anda (Level 1) > Anda berhak mendapatkan 5% /referral (free member), 20% /referral (Entrepreneur member)
  2. Level 2 - 6 > Anda berhak mendapatkan 2%/referral (free member), 6% /referral (Entrepreneur member)

Bagaimana system pembayarannya?

people string mewajibkan para pemilik akunnya untuk mempunyai akun paypal (rekening dunia maya), di mana keuntungan yang akan kita dapatkan di sini akan di transfer langsung ke sana (Paypal) dengan minimum payout 25 $. Belum punya akun paypal? Daftarkan diri Anda di sini.. Atau klik banner di bawah ini

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Apakah ini scam/penipuan/tidak membayar?

Sy tidak bisa menjawab ini, tp beberapa blogger lain mengatakan bahwa program ini membayar dan ada yang telah terbukti dibayar, bukti lain juga tampak dari riset yang telah dilakukan seorang blogger “Fauzan Upz Blog’s” di mana Ia menanyakan tentang legalitas jejaring sosial satu ini. Jawabannya adalah “Bagaimana mungkin kami scam sedangkan Anda bergabung secara gratis? Kami tidak minta uang dari Anda..” Berita baik yang saya dapatkan adalah bahwa popularitas people string akan meledak di Indonesia. Sebelum teman Anda yang mengajak Anda, lebih baik Anda mengambil keputusan terlebih dahulu. Daftar di sini dan dapatkan keuntungannya..



READ MORE - DAPATKAN PENGHASILAN DARI JEJARING SOSIAL PEOPLE STRING
Labels:

MUNGKIN KOLEKSI BERBAGAI REFERENSI INI BISA MEMBANTU ANDA

Tuesday, May 18, 2010 Posted by Rino Safrizal 3 comments
Labels:

‘NYONYA V’ HAPPY

Sunday, May 16, 2010 Posted by Rino Safrizal 1 comments
Wanita memang rentan mengalami infeksi saluran air seni. Entah karena bakteri atau tergesek saat sedang bercinta. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya:
Pakai celana dalam yang tidak ketat

Kurangi penggunaan vaginal douche (semprotan vagina), karena memicu gangguan kandung kemih

Berkemih dan minum segelas air putih sebelum bercinta. Lalu berkemih lagi sejam sesudahnya, agar bakteri penyebab infeksi saluran kandung kemih keluar bersama urine

Mengonsumsi jus cranberry. Hasil studi yang dimuat di Journal of Clinical Nation, menunjukkan wanita yang minum jus cranberry lebih cepat pulih dari infeksi saluran kandung kemih.

READ MORE - ‘NYONYA V’ HAPPY
Labels:

ENERGI INSTAN PISANG

Wednesday, May 12, 2010 Posted by Rino Safrizal 0 comments
Tidak sempat sarapan karena diburu waktu? Jangan khawatir, cukup makan 2 buah pisang, Anda akan tetap bertenaga. Mengapa? Karena anggota keluarga Musaceae ini mengandung 3 jenis gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Dalam tubuh, gula tersebut diubah menjadi energil. Hasil penelitian yang dilakukan di Institute of Psychology, Austria, membuktikan dengan memakan 2 buah pisang, maka kita bisa bekerja selama 2 jam.
READ MORE - ENERGI INSTAN PISANG
Labels:

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF (BAGIAN IV)

Tuesday, May 11, 2010 Posted by Rino Safrizal 0 comments
TEBAK KATA
MEDIA :
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan di telinga.
Langkah-langkah :
1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
2. Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas
3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
4. Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6. Dan seterusnya

WORD SQUARE
MEDIA :
* Buat kotak sesuai keperluan
* Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
3. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

CONSEPT SENTENCE
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
2. Guru menyajikan materi secukupnya.
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
4. Guru Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
6. Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
7. Kesimpulan.

COMPLETTE SENTENCE
Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru Menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
3. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
4. Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
5. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
6. Siswa berdiskusi secara berkelompok
7. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta membaca sampai mengerti atau hapal
8. Kesimpulan

TIME TOKEN
Arends, 1998
Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah :
1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
2. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
3. Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
4. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
5. Dan seterusnya

PAIR CHEKS
Spancer Kagen, 1993
APA YANG DILAKUKAN?
Bekerja Berpasangan
Guru membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih

Pelatih Mengecek
Apabila patner benar pelatih memberi kupon

Bertukar Peran
Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah 1 – 3

Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban

Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep

KELILING KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya………….?
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

TARI BAMBU
Agar siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa
Caranya?
1. Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
3. Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi sinformasi.
4. Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan

TWO STAY TWO STRAY
DUA TINGGAL DUA TAMU
Memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Caranya :
1. Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
READ MORE - MODEL-MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF (BAGIAN IV)
Labels:

PERBAIKI KUALITAS FOTO ANDA DENGAN EFEK BLUR

Posted by Rino Safrizal 0 comments
Ada beberapa cara untuk memperbaiki kualitas foto yang kurang bagus. Salah satunya adalah dengan sedikit memberikan efek blur pada foto tersebut.
Efek blur yang saya pake di sini adalah Gaussian Blur dan Motion Blur. Sedangkan foto yang saya pake adalah hasil jepretan yang bisa dibilang kualitasnya masih di bawah standar.

Yuuks kita intip step by stepnya..
Buka file yang ingin Anda reparasi (kaya mesin aja pake reparasi..wkwkwk)..
Duplicate file tersebut dan lakukan langkah berikut ini.

A. Efek Gaussian Blur
Pada layer hasil duplicate tadi, pilih Filter > Blur > Gaussian Blur, masukkan nilai radius sesuai dengan keinginan Anda.
Masih pada layer yang sama, ubah opsi Blendingnya dari Normal menjadi Screen..
Bisa dibandingkan hasilnya kaya gini nie…

B. EFEK MOTION BLUR
Caranya kurang lebih sama dengan yang di atas. Hanya beda efek blur saja..
Buka file foto Anda, dan lakukan duplicate foto tersebut (Ini yang akan kita edit nantinya)
Pada layer hasil duplicate tadi, klik Filter > Blur > Motion Blur, masukkan nilai radius sesuai dengan keinginan Anda.
Lanjutkan dengan mengubah opsi Blendingnya dari normal menjadi Screen..
Bisa dibandingkan haslnya kaya gini nie..
Jika ketiganya kita bandingin seperti kaya ini nie…
Tinggal milih, mo pake efek mana untuk memperbaiki kualitas foto Anda…?
Tutorialnya sederhana saja, tapi hasilnya belum tentu sesederhana yang kita bayangin. Seperti kata Mas Sigit Eko (Ilmu Photoshop): “Cara yang simple blum tentu jelek hasilnya..”
READ MORE - PERBAIKI KUALITAS FOTO ANDA DENGAN EFEK BLUR

PENYELUDUPAN 9000 TELUR PENYU DIGAGALKAN

Sunday, May 9, 2010 Posted by Rino Safrizal 3 comments
Malam ini saya dapat informasi dari media televisi tentang usaha penyeludupan telur penyu. Tidak tanggung-tanggung, 9000 telur penyu akan diseludupkan ke negeri tetangga Serawak Malaysia melalui bengkayang (kalau ga salah saya). Usaha ini digagalkan oleh aparat SPORC (Satuan Polisi Reaksi Cepat).

9000 telur penyu ini berasal dari Pulau Tembelan Riau (Menurut Aparat SPORC). Alur penyeludupan telur penyu ini: Pulau Tembelan Riau > Pelabuhan Pemangkat (mungkin yang dimaksud pelabuhan Sintete Kecamatan Semparuk) > Bengkawang > Serawak Malaysia, oleh pelaku yang berinisial ER dengan plat kendaraan KB 9511 P. Sayang sekali usahanya gagal (Alhamdulillah…).

Di Malaysia, telur penyu dihargai Rp. 6.000,- per butirnya. Jika dikalikan dengan 9.000, bearti ± Rp. 54.000.000,- lari ke sana dalam 1 hari,.

Di negeri jiran Malaysia, usaha konservasi penyu benar-benar diperhatikan oleh pemerintah di sana. Salut buat Malaysia. Tapi sayangnya, usaha mereka tidak didukung dengan upaya pencegahan penyeludupan telur penyu dari Indonesia. Sama juga bo’ong.., yang rugi tetap Negara kita. Perlu kerjasama antar kedua belah pihak dalam menanggulangi masalah ini.

Untuk daerah kita (Kec. Paloh Kabupaten Sambas), perlu diwaspadai juga; akses Paloh (Indonesia) dan Serawak (Malaysia) sangat dekat sekali dan sulit untuk dijangkau aparat. Kemungkinannya ada penyeludupan serupa yang terjadi di sana.

Di tahun 2008 pernah juga terjadi usaha yang sama. Pihak BKSDA Kalbar pernah menangkap satu pelaku pemilik dan penyimpan ± 6300 butir telur penyu tanpa dilengkapi Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa (SATS) yang sah. Sayangnya, pelaku hanya dijerat hukuman 1 bulan 18 hari (Kompas.com).

Beda halnya dengan yang diungkapkan oleh berita malam ini, bahwa pelaku akan dijerat hukuman 5 tahun penjara dan atau denda 5 milyar. Bagi saya, apapun hukumannya itu bisa membuat penyeludup maupun pencuri (yang saya maksudkan di sini adalah pencurian dalam skala besar) merasa jera dan takut untuk mengulangi tindakannya.

Moga aja ada penangkapan-penangkapan lain menyusul, mengingat sekarang sudah memasuki musim penyu bertelur.

‘They Won’t Survive Without our Help…’
Let’s save the last sea turtles…!!!
READ MORE - PENYELUDUPAN 9000 TELUR PENYU DIGAGALKAN
Labels: ,

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF (BAGIAN III)

Saturday, May 8, 2010 Posted by Rino Safrizal 0 comments
BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Evaluasi
8. Penutup

STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6. Penutup

COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
6. Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
8. Penutup

DEMONSTRATION
Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3. Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
4. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
6. Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.
7. Guru membuat kesimpulan.

EXPLICIT INTRUCTION
(PENGAJARAN LANGSUNG; ROSENSHINA & STEVENS, 1986)
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION CIRC
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS; STEVEN & SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup


INSIDE OUTSIDE CIRCLE
LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR
SPENCER KAGAN
“Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah :
1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
READ MORE - MODEL-MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF (BAGIAN III)
Labels:

ANGGUR TINGKATKAN INSULIN

Friday, May 7, 2010 Posted by Rino Safrizal 0 comments
Penderita diabetes tipe 2 santaplah anggur merah. Peneliti Institute of Nutritional Science for Biological Science Shanghai, China, membuktikan anggota famili vitaceae ini mampu meningkatkan sensitivitas tikus percobaan terhadap hormon insulin. Temuan ini berpotensi sebagai terapi pencegahan dan pengobatan diabetes tipe 2 yang sangat dipengaruhi oleh resistensi insulin.

Rahasianya ada pada zat resveratrol yang lazim ditemukan terutama pada kulit anggur merah. Resveratrol terbukti meningkatkan level enzim SIRT1 yang terlibat dalam perbaikan dan perpanjangan umur DNA. Studi oleh tim yang diketuai Chen Sun ini berhasil mengungkap hubungan antara SIRT1 dan proses metabolisme glukosa dan sekresi insulin. SIRT1 memperbaiki sensitivitas sekresi insulin terutama dalam kondisi resisten insulin. Pada tikus dosis resveratrol yang diperlukan 2,5 mg/kg bobot tubuh/hari. Bila dikonversikan untuk manusia, setiap hari 5 mg resveratrol 3 liter anggur merah diperlukan agar penderita dapat merasakan manfaat serupa.
READ MORE - ANGGUR TINGKATKAN INSULIN
Labels:

FOLLOWER